Home » , , » Tiga Ide Desain Unik Tempat Penyimpanan Dapur Minimalis

Tiga Ide Desain Unik Tempat Penyimpanan Dapur Minimalis

Posted by Admin on Tuesday, April 1, 2014 | 11:07 PM

Rak Bumbu di Laci Kabinet Dapur

Kita terbiasa menaruh bumbu masakan di rak atau kabinet dapur bagian atas maupun bawah. Rak atau kabinet tersebut bisa bersifat terbuka untuk memudahkan kita mengambil bumbu yang disimpan di dalamnya, atau bersifat tertutup yang bertujuan untuk menambah kesan rapi interior dapur. Walaupun demikian, kedua pertimbangan fungsi tersebut juga selalu diseimbangkan dengan nilai estetika atau keindahannya sehingga kadang keputusan untuk membuat desain tempat bumbu bisa berbeda-beda karena lebih menekankan salah satu di antara keduanya.

Salah satu ide unik membuat tempat bumbu masakan adalah laci rak tarik atau filler pull, yaitu laci kabinet dapur yang dirancang ramping dan vertikal untuk rak bertingkat ke atas seperti karya CanyonCabinet di bawah ini. Ide membuat rak pada laci kabinet sangat sesuai dengan desain minimalis dapur, karena selain yang memang sengaja dirancang demikian, laci rak tarik juga dapat dibuat belakangan. Rancanglah laci rak tarik untuk efisiensi mengisi atau memanfaatkan celah antar kelompok laci kabinet yang sudah ada, khususnya pada Area Memasak Dapur.  Dengan laci rak tarik ini, bumbu dapur tersimpan dengan aman dan Anda pun mudah mengambilnya saat Anda memasak.
Laci rak tarik kabinet dapur minimalis
Laci rak tarik kabinet dapur untuk wadah bumbu (Gambar dari CanyonCabinatry)

Laci di Pojok Kabinet Dapur

Jika Anda memiliki dapur minimalis yang berbentuk letter U atau L, Anda kadang jarang berpikir untuk memaksimalkan sisi pojok pada kabinet yang selalu memiliki celah kosong, khususnya dengan desain furnitur siku-siku.  Dengan desain kabinet yang berbeda, Anda bisa merancang laci pojok kabinet seperti gambar dibawah ini untuk menyimpan peralatan dapur maupun toples wadah bumbu masakan. Rancangan ini oleh desainernya SVEA Kitchens disebut Laci Pojok Kupu-Kupu, mengacu pada ujung laci yang membentuk sudut mirip dengan sayap kupu-kupu. Dengan lokasinya yang pojok, desain laci unik ini dapat dengan mudah kita jangkau saat memasak di dapur. Dengan demikian, kita telah melakukan efisiensi pada dapur minimalis kita, baik pergerakan lalu-lintas maupun ruangannya.

Laci pojok kabinet dapur minimalis
Laci pojok kabinet dapur minimalis (Gambar dari AKL Designer Kitchens dan SVEA Kitchens)

Wadah Bumbu Plastik Berpenutup 

Jika Anda memiliki botol-botol plastik, baik itu bekas minuman, cairan pembersih atau sejenisnya, jangan buru-buru anda buang. Coba potong bagian atas botol tersebut, tepatnya sekitar 2,5 cm dari ulir penutupnya. Bagian tersebut bisa Anda gunakan untuk penutup plastik bungkus bumbu atau bahan masakan yang tersimpan di pantry Anda. Reuse kreatif botol bekas ide dari HomeTalk ini sejalan dengan efisiensi dapur minimalis Anda.


Plastik bungkus bumbu dapur berpenutup
Gambar: HomeTalk dan Cut Out & Keep
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into