Home » , , » Empat Desain Unik Pencahayaan dan Lampu Kamar Tidur Anak

Empat Desain Unik Pencahayaan dan Lampu Kamar Tidur Anak

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Thursday, April 10, 2014 | 1:27 AM

Di satu sisi, pencahayaan akan sangat menentukan suasana suatu ruangan, termasuk kamar tidur anak. Di sisi lain, setiap keluarga mempunyai kebutuhan dan keinginan masing-masing mengenai bagaimana suasana yang akan dibuat. Kalau demikian, lalu seperti apa dan bagaimana desain kamar tidur anak yang ideal? Untuk menjawabnya, ada baiknya Anda membaca Tips Tata Letak Kamar Tidur Anak. Sesudah membaca dan memahaminya, silakan lanjutkan menyimak ide-ide yang bisa menginspirasi Anda untuk mempermanis desain interior kamar tidur anak Anda di bawah ini.

Kerlip Bintang dan Kunang-Kunang

Jika menginginkan suasana kamar tidur anak yang hangat dan menenangkan, Anda patut mencoba pencahayaan dengan gaya kerlap-kerlip menyerupai gugusan bintang di langit atau kunang-kunang. Anda bisa mendapatkan gemerlap bintang ini dengan Kain Penutup Unik yang terdiri dari dua tipe, yaitu tirai atau tipe blind desain Gra Studio milik Joanna Katarzyna Gulik dari New York yang kini tengah mematenkannya. Untuk tirainya, Gra Studio menggunakan bahan gabungan poliester dan katun dengan teknik pemotongan die-cut untuk mendapatkan pola bintangnya, sedangkan untuk blind-nya seluruhnya berbahan vinil.

Kerlap kerlip bintang kamar tidur anak
Desain unik tirai kerlip bintang untuk kamar tidur anak.
Anda bisa membeli Twinkle Curtain ini  seharga 49 dollar di Etsy.
Cahaya kerlip bintangnya bisa diperoleh dari luar atau cahaya matahari, khususnya bila jendela kamar tidur anak Anda menghadap ke timur atau ke barat. Atau, Anda bisa dengan mudah membuat cahaya buatan dengan lampu di balik kain penutup ini. Alternatif lain, sebenarnya Anda bisa menggunakan ide serupa dengan mengaplikasikannya pada kanopi ranjang, atau sebagai panel backdrop focal point kamar tidur anak. Dengan kain penutup ini, kehangatan kamar tidur anak akan terjaga dan si anak yang pada umumnya selalu tertarik dengan pola-pola bintang di langit pasti akan betah berada di dalamnya.

Kreasi Lampu LED

Sebenarnya Anda juga bisa membentuk kerlip bintang atau kunang-kunang di atas menggunakan rangkaian lampu-lampu hias LED (string lights). Anda bisa dengan mudah memasangnya di dinding ataupun menggantungnya di langit-langit kamar. Pilihan warna juga banyak tersedia, ada yang satu warna, dua warna, dan warna-warni. Untuk mempercantik dan menyenangkan si buah hati, tambahkan kap lampu yang memiliki desain unik, seperti keranjang, bentuk bintang yang besar, tata surya, dan sebagainya. Salah satu contoh desain unik yang dapat Anda lakukan dengan sangat mudah adalah menghias lampu LED dengan pembungkus kue mangkok atau cupcake untuk membuat tudung berbentuk bunga warna-warni i bawah ini. Silakan lihat cara membuatnya di OhHappyDay.Com.

Lampu hias LED di kamar tidur anak
Tudung lampu hias LED dari pembungkus cupcakes karya OhHappyDay.Com

Lampu Bergaya Balon

Lampu-lampu dengan kap atau tudung menyerupai bentuk balon juga sangat menarik dipasang di kamar tidur anak. Lampu dengan kap bentuk balon ini ada yang berupa lampu dinding, lampu duduk/berdiri, maupun terpasang sebagai lampu langit-langit. Warna, desain, bahan, dan ukuran balonnya pun bermacam-macam. Bahan yang digunakan bisa berupa kaca tiup tangan maupun mulut, atau menggunakan kertas. Contoh di bawah ini adalah kap lampu bentuk balon warna-warni yang menggunakan bahan kaca tiup, karya Boris Klimek.

Lampu dinding berbentuk balon untuk kamar tidur anak
Lampu dinding kamar tidur anak berbentuk balon karya desainer minimalis Boris Klimek di e-Glue.

Lampu Lampion

Jika Anda ingin mendekorasi kamar tidur anak Anda dengan desain penuh warna, Anda dapat menggunakan lampion. Tudung lampu berbentuk lampion sangat menarik apalagi jika didukung dengan pilihan warna yang ceria. Salah satu contohnya adalah interior desain karya Bees Knees Bungalow LLC di bawah ini. Mengambil tema floral, interior kamar tidur anak ini didekorasi dengan lampu lampion yang dipercantik dengan hiasan bunga warna-warni pink sakura berbahan kertas krab. Sentuhan pernik kupu-kupu yang juga colorful menambah suasana semarak dan ceria. Hasilnya adalah sebuah dekorasi kamar tidur anak yang sempurna buat anak perempuan Anda.

Lampu lampion berhias kertas warna-warni
Kamar tidur anak colorful bertema floral yang sangat cantik dari Bees Knees Bungalow
Demikianlah Empat Desain Unik Pencahayaan dan Lampu Kamar Tidur Anak pilihan +De RuMi. Apakah Anda tertarik untuk segera menerapkan ide-ide otentik di atas? Silakan berbagi pengalaman mendekorasi kamar tidur anak Anda melalui komentar di bawah.
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into