Home » , , , , , » Membuat Desain Interior Kamar Tidur yang Romantis

Membuat Desain Interior Kamar Tidur yang Romantis

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Sunday, April 6, 2014 | 10:31 PM

Nampaknya masih jarang orang yang menginginkan desain kamar tidur yang romantis. Mungkin hal itu didasari oleh anggapan keliru bahwa menghadirkan suasana romantis dalam kamar tidur sangat ribet karena memerlukan banyak hiasan. Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Oleh karena itu, kali ini +De RuMi akan membagikan tips membuat desain interior kamar tidur untuk pasangan yang mendambakan kamar tidur yang romantis, hangat, dan nyaman. Ada beberapa bagian interior yang wajib diperhatikan untuk membuat kamar tidur romantis, tiga di antaranya adalah: tema warna dan pencahayaan, furniture, dan dekorasi ruangan.

Tema Warna dan Pencahayaan

Anda dapat memilih warna-warna lembut atau feminin seperti pink, indigo, dan ungu sebagai tema warna untuk menciptakan kesan romantis pada kamar tidur. Secara psikologis, warna-warna ini dapat membangkitkan gairah Anda. Warna-warna ini dapat Anda aplikasikan pada furniture, dekorasi, atau dinding ruangan. Apabila Anda memutuskan mengaplikasikannya ke seluruh ruangan, mainkan gradasi monokromnya untuk menghindari kesan monoton. Warna-warna netral seperti abu-abu, hitam, dan putih juga sangat efektif dipakai untuk mengimbangi dominasi warna-warna romantis tersebut.

Untuk pencahayaan, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih jenis lampu untuk menghasilkan warna cahaya yang diinginkan. Pilihlah lampu yang menghasilkan pencahayaan yang temaram. Agar cahaya tidak terlalu terang, Anda bisa mensiasatinya dengan memilih lampu yang memiliki kap atau tudung. Kalau perlu, cari filter cahaya lampu yang warnanya sesuai dengan tema romantis untuk memperoleh intensitas cahaya yang tepat bagi ruangan.

Pencahayaan dan tema warna romantis kamar tidur
Tema warna dan pencahayaan sangat menentukan suasana kamar tidur Anda

Furniture Klasik

Furniture klasik dari bahan kayu bisa dipakai untuk membangun kesan romantis. Pertama-tama, furniture yang wajib diperhatikan dalam interior kamar tidur adalah ranjang. Ranjang harus disesuaikan dengan kebutuhan si empunya kamar. Untuk pasangan suami-istri, ranjang klasik berukuran king size adalah pilihan yang tepat. Karena ukurannya yang besar inilah ruangan paling privat pemilik rumah ini sering disebut ruang tidur utama.

Bagi pasangan yang menginginkan suasana romantis, ranjang gaya klasik ini biasanya ditunjang dengan empat tiang atau biasa disebut four-poster bed yang dilengkapi dengan kelambu mengelilinginya. Namun untuk sekarang ini, lingkungan yang relatif bebas nyamuk serta pertimbangan Menambah Kesan Luas Ruangan membuat kelambu ranjang jenis ini lebih berfungsi dekoratif saja, yaitu menambah kesan romantisme masa lalu. Alternatif lain, Anda dapat memilih ranjang sandaran kepala atau headboard eksklusif atau dikenal dengan jenis sleigh bed. Ranjang ini biasanya di letakkan di tengah kamar tidur utama yang berukuran besar.

Sleigh bed bergaya klasik romantis
Sleigh bed bergaya klasik dengan suasana romantis.
Sofa panjang ottoman bergaya klasik biasa diletakkan di depan ranjang untuk tempat pasangan bersantai saling membasuh kaki dengan air bunga. Untuk kabinet, kursi, dan meja rias, desain klasik dari bahan kayu yang mempunyai ornamen ukir-ukiran juga cocok dipilih untuk memberikan kesan bak kamar tidur raja dan ratu.

Dekorasi

Ada beberapa dekorasi yang dapat Anda pilih untuk mendukung kesan romantis di dalam kamar tidur Anda, misalnya gorden dan hiasan dinding seperti lukisan, dan jangan lupa cermin. Khusus untuk gorden, Anda dapat memilih yang berbahan dasar satin, linen, maupun beludru. Ketiga bahan tersebut sangat pas untuk menambahkan kesan mewah di dalam kamar tidur. Sedangkan untuk lukisan, Anda dapat memilih tema-tema alam seperti bunga. Lebih baik lagi kalau bunga juga benar-benar Anda wujudkan dalam vas yang berisi bunga asli berbau harum seperti mawar merah atau sedap malam yang berwarna putih. Tema-tema floral selalu mendukung suasana romantis dalam ruangan.

Tema floral kamar tidur romantis
Tema floral, baik bunga asli maupun lukisan selalu
berhasil membangun suasana romantis dalam ruangan
Itulah yang dapat +De RuMi berikan bagi pasangan yang menginginkan suasana romantis di dalam kamar tidur. Semoga tips desain ini secara tidak langsung bisa menambah kebahagiaan keluarga Anda. Apabila mempunyai ide atau tips lain, Anda bisa berbagi melalui kotak komentar di bawah.
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
2 Comments
2 Comments
Comments

2 Comments:

  1. keren artikelnya, salam kenal ya.
    di tunggu kunjungan baliknya Tips Memilih Warna Cat Tembok Rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Properti. Salam kenal balik dan kunjung balik. :)

      Delete

Translate This Page into