Home » , , » Trend Interior: Pola Desain Grafis Hitam Putih

Trend Interior: Pola Desain Grafis Hitam Putih

Posted by Bakul Content on Friday, March 7, 2014 | 3:03 AM

Tahukah Anda bahwa desain interior dan mode atau fashion mempunyai kesamaan dalam hal trend? Mungkin hal ini bukanlah sesuatu yang Anda sadari namun kenyataannya memang begitu. Terkadang, satu atau dua trend yang sedang in di dunia fashion juga in di dunia desain, khususnya desain untuk bagian interior rumah. Salah satu contoh yang mungkin juga bisa Anda gunakan untuk mempercantik bagian dalam rumah anda adalah desain grafis dengan tema warna hitam dan putih atau yang dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan black and white graphical design.

Penggunaan Pola dalam Desain Grafis Hitam Putih

Desain yang satu ini memadukan dua warna utama tadi menjadi satu. Tentu saja, perpaduan tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah desain grafis yang apik dan sesuai untuk diterapkan dalam rumah bergaya modern maupun dalam rumah bergaya minimalis khususnya yang memilih tema warna hitam dan juga putih. Kali ini saya akan memilih empat desain grafis hitam putih, yaitu: polos hitam putih, pola geometris garis-garis (stripes), pola geometris persegi (rectangle), dan pola zebra (animal print). Keempat pola ini bisa diaplikasikan dalam banyak bagian dari interior rumah Anda, seperti vas bunga, sarung bantal, bahan kain pada kursi atau sofa, dan masih banyak lagi.

Polos Hitam Putih

paduan polos hitam-putih atau paduan warna antara keduanya
Tema ruangan polos hitam-putih dan paduan warna antara keduanya

Ide utama desain interior yang mengusung tema grafis hitam putih sebenarnya adalah penggunaan dua warna tersebut secara bersamaan dalam satu ruangan maupun dalam satu benda. Salah satu pengaplikasian warna hitam putih dalam desain grafis ini dalam bentuk yang paling mendasar yang tentunya sudah lama kita kenal adalah paduan polos hitam-putih atau paduan warna antara keduanya (warna kelabu bone, ivory, titanium, zinc, radiant, flake, silver, dim/light, slate, gainsboro, dan sebagainya). Contoh pengaplikasiannya adalah pada interior ruangan seperti yang di gambar ilustrasi. Ilustrasi pertama ini merupakan bukti bahwa kesan mewah ternyata dapat dibangun dengan warna perpaduan antara hitam-putih saja.

Pola Garis-Garis (Stripes)

Pola yang juga biasa digunakan dalam desain yang satu ini adalah pola garis-garis yang lebih dikenal dengan nama pola stripes. Pola yang satu ini sebenarnya juga sudah dikenal sejak lama. Sekarang, pola ini kembali menarik perhatian masyarakat terutama mereka yang merupakan pencetus dan pengamat trend yang berhubungan dengan desain rumah, baik pada bagian luar atau eksterior maupun pada bagian dalam atau interior.

Tema Ruangan Stripes
Pola garis hitam putih (stripes) pada dinding


Pola Geometris Persegi dan Kubus (Rectangles)

Bantal hias berpola geometris spiral kubus
Pola geometris spiral kubus pada bantal hias
Selain itu, satu lagi pilihan yang kini juga populer adalah berbagai macam pola-pola geometris persegi (rectangles). Pola  persegi dan kubus dapat disusun sehingga membentuk rangkaian kotak-kotak hitam pada warna alas putih maupun sebaliknya. Pola rectangles ini juga dapat dimainkan dengan berbagai pola geometris lain seperti spiral kubus yang diaplikasikan pada bantal penghias sofa di bawah ini.

Pola Zebra (Animal Print

Kursi oval berpola zebra
Pola animal print pada kursi
Selain pola geometris yang sudah disebutkan tadi, masih ada banyak pola desain grafis hitam putih lain yang cocok diaplikasikan dalam desain interior. Di antaranya adalah pola kulit zebra yang termasuk dalam jenis pola kulit binatang atau animal print. Pola zebra ini cukup nge-trend dan masih cukup segar dalam dunia desain interior khususnya Indonesia. Dulunya pola ini dipandang sebagai simbol ningrat dan status sosial karena yang bisa menggunakannya adalah orang-orang kaya seperti para raja yang dapat membeli bahan-bahan asli dari kulit binatang.

Pola animal print ini mulai menjadi populer di akhir tahun 1960-an khususnya karena diusung oleh Gerakan Bohemian dengan ide-idenya yang tidak konvensional dan menentang tradisi. Untuk masa kini dengan kecanggihan teknologi fashion kita bisa memanipulasi berbagai bahan tiruan tanpa harus dari kulit binatang yang asli. Yang tidak berubah adalah simbol yang diusung dari pola-pola ini, yaitu mengesankan kemewahan dan eksotisme. Jika menginginkan tema kemegahan sekaligus unik, pola zebra hitam putih ini mungkin cocok buat Anda. 

Editor: +Tricahyo Abadi 
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into