Home » , , , » Trend Interior 2014: Memadukan Ungu Dengan Warna Lain

Trend Interior 2014: Memadukan Ungu Dengan Warna Lain

Posted by Hins Nasihin on Tuesday, March 11, 2014 | 11:27 PM

Jika sebelumnya pernah dibahas tentang desain interior rumah dengan Perpaduan Hitam dan Putih, kali ini +De RuMi akan mengulas warna ungu dan perpaduannya dengan warna lain. Di luar dari konotasi agak buruk yang diberikan sebagian orang saat ini, kita perlu meninjau secara netral terhadap psikologi warna yang ternyata memiliki sudut keunikan dan kekuatan tersendiri ini.

Ungu merupakan warna yang serba cakap karena ia bisa mempengaruhi berbagai emosi. Ungu dipakai pada baju para bangsawan Eropa sehingga warna ini juga disebut sebagai simbol keanggunan, kekayaan, dan kemewahan. Gradasi ungu yang lembut menimbulkan kesan feminin sekaligus misterius. Warna ungu juga dapat mengetengahkan kesan damai dan tenang yang menunjukkan kedalaman spiritual. Jika dilihat dari sudut teori warna, ungu juga memiliki keunikan karena ia berada di peralihan antara suasana hangat dan dingin. Oleh karena itulah warna ini sering diaplikasikan pada ruangan untuk membangkitkan suasana yang bergairah dan romantis. Dari berbagai kelebihannya ini, ungu sering disebut sebagai ratu warna.


Setelah memahami beberapa kesan yang dapat diciptakan dengan warna ini di atas, Anda akan lebih mudah menentukan bagaimana mengaplikasikan warna ini dalam ruangan. Berikut merupakan contoh pengaplikasian ungu dipadukan dengan berbagai warna lain pada interior ruangan.

Ungu dengan Putih

Ruang tamu minimalis warna ungu dan putih
Ruang tamu minimalis warna ungu dan putih
Pada contoh pertama ini, warna ungu diterapkan pada bantalan sofa, karpet, bingkai foto, vas dan aksesoris lainnya. Bunganya pun khusus dipilih mengikuti tema ungu yaitu lavender yang berwarna lembayung menyegarkan ruangan sekaligus membuat suasana menjadi romantis. Sentuhan ungu mulled wine di sini menyemarakkan warna putih yang netral sekaligus mengimbangi aksen hitam pada drawer dan frame kaca. Dengan perpaduan yang seimbang ungu dan warna netral seperti di atas, ruang tamu mendapatkan kesan yang lembut, anggun, sekaligus tegas.


Ungu dengan Kuning

Kamar tidur minimalis kombinasi sempurna ungu, kuning, dan putih
Tempat belajar minimalis kombinasi sempurna
ungu, kuning, dan putih (desain: Paintzen, New York)
Sama seperti contoh pertama, kunci desain interior pada contoh kedua ini adalah keseimbangan proporsi pada dasar warna netral yaitu dinding dan furniture yang berwarna putih serta karpet bulu yang menggunakan warna beige dan taupe.

Ungu bisa menciptakan kesan lembut dan feminin, sedangkan kuning membawa rasa bahagia dan percaya diri. Warna lembut yang dominan pada kamar ini perlu diciptakan untuk mendapatkan suasana tenang. Untuk itu, pengaplikasian gradasi ungu tua pada sprei, violet pada kursi, merah muda fuchsia pada bantal, hingga ke ungu orchids pada dinding sudah tepat. Yang perlu diperhatikan, warna lembut yang berlebihan bisa menimbulkan kesan terlalu manis. Oleh karena itu, untuk penyeimbangnya warna kuning dipakai sebagai aksen pada furniture dan ambalan.

Hasilnya adalah kamar belajar yang tidak terlalu feminin, penuh percaya diri dan vitalitas, menjadikannya sempurna bagi remaja perempuan yang penuh energi belajar hingga dewasa.

Did you know?

Kita terbiasa mengira violet dan purple sebagai warna yang sama, yaitu ungu. Kenyataannya, violet merupakan warna asli yang memiliki posisi sendiri dalam spektrum warna, sedangkan purple adalah perpaduan antara biru dan merah. +De RuMi lebih suka menyebut violet sebagai lembayung, sedangkan purple sebagai ungu.

Ungu dengan Hitam

Ungu dan hitam yang dipadukan dapat menghasilkan suasana yang elegan dan hangat. Seperti pada contoh ketiga di bawah, warna ungu untuk sofa, gorden, dan bantal, sedangkan warna hitam hingga gradasinya ke abu-abu diaplikasikan pada sitting lamp, bingkai foto, dinding, serta hiasan lainnya. Dominasi gelap ini sengaja diciptakan untuk memperoleh ruangan yang dingin dan tenang. Supaya tidak over-powered, permadani menggunakan warna putih netral. Warna putih lain yang diperoleh dari buku, background foto, dan bantal hias berperan dalam harmoni perpaduan warna di ruangan tersebut. Sementara itu dengan kesan hangatnya, lantai dan rak buku kayu yang alami mendukung harmoni warna ruangan yang teduh dan menentramkan ini.

Desain interior ruangan seperti ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan ketenangan bekerja. Perpaduan warna ungu-kelabu yang damai juga sempurna untuk rumah istirahat mencurahkan diri dalam kotemplasi spiritual.

Ruang tamu ungu hitam
Ruang tamu perpaduan ungu dengan kelabu, menciptakan suasana dingin dan tenang (Kredit foto: Ellena Eller)

Editor: +Tricahyo Abadi 
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
2 Comments
2 Comments
Comments

2 Comments:

Translate This Page into