Home » , , , » Empat Tips Membuat Desain Minimalis Ruang Makan

Empat Tips Membuat Desain Minimalis Ruang Makan

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Sunday, March 16, 2014 | 6:02 PM

Saat Anda sedang merancang ruang makan, desain interior minimalis tentu saja merupakan pilihan yang layak Anda pertimbangkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa acara makan sebaiknya tidak diganggu oleh hal-hal yang di luar acara menikmati hidangan. Nampaknya hal itu cocok dengan desain minimalis yang mengurangi hal-hal yang tidak perlu dalam ruangan. Namun, seperti apa rancangan minimalis dalam ruang makan yang berukuran besar? Berikut ini empat tips beserta contoh desain minimalis ruang makan sebagai tambahan ide kreatif bagi Anda yang sedang membangunnya. 

Furniture Bertema Modern untuk Ruang Besar

Untuk ruang makan berukuran besar, Salah satu pilihan yang bisa Anda aplikasikan dalam desain interior ruang makan anda adalah furniture dengan tema modern. Mebel kayu bertema modern biasanya terlihat simple, karena itulah sangat cocok untuk diletakkan di sebuah ruang makan dengan tema minimalis seperti gambar ilustrasi di bawah.

Tema warna yang diambil adalah putih dan warna alami kayu. Bahan-bahan kaca transparan seperti pada rak ambalan membuat ruangan terlihat lebih lega. Lampu gantung modern berbentuk oval, TV berlayar besar berkesan mewah. Penggunaan lampu gantung dan gambar dekoratif berukuran besar memang dianjurkan untuk ruangan-ruangan besar tanpa mengkhawatirkan ruangan menjadi terlihat sempit. Taplak Runner jenis kerai kayu dipakai untuk mempercantik meja makan yang juga berbahan kayu. Kursi minimalis berwarna putih dengan dudukan yang empuk dikombinasikan dengan area rug yang memberikan kenyamanan posisi makan. Dan sebagai sentuhannya, vas dengan tumbuhan hidup maupun kering dikombinasikan membawa kesegaran alami untuk mengimbangi tema ruang yang sangat modern. Ruangan minimalis modern ini sangat cocok diaplikasikan dalam hotel atau restoran besar.

Ruang makan ukuran besar modern minimalis
Ruang makan minimalis modern dengan memainkan bentuk geometris persegi dan bulat

Gunakan Material yang Menenangkan

Pilihlah material yang menenangkan, yaitu material yang membuat suasana makan Anda nyaman. Di dalam desain minimalis, warna netral seperti putih tenang biasa dipakai sebagai background seperti pada dinding. Furniture dengan bahan kayu bagus untuk ruang makan yang menginginkan suasana hangat saat berkumpul makan bersama keluarga. Warna-warna pastel seperti cream juga bisa dipakai untuk memperoleh suasana tenang dan santai. 


Ruang makan berlantai kayu blok
Ruang makan berlantai kayu blok
nampak simple dan bersih 
Furniture ruang makan berbahan kayu
Furniture ruang makan berbahan kayu
menghangatkan suasana bersama

Maksimalkan Cahaya Alami untuk Ruang Kecil

Jika memungkinkan, desain ruang makan dengan ukuran yang sempit bisa juga diakali dengan memaksimalkan masuknya cahaya natural yang berasal dari matahari. Cahaya natural semacan ini bisa didapatkan dengan menggunakan jendela dengan ukuaran yang cukup besar di area ruang makan Anda. Selain cahaya natural yang bisa menjadi penerang di siang hari, pemandangan di luar juga bisa Anda dapatkan sebagai bonusnya. Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah menempatkan jendela tersebut pada posisi yang tepat sehingga cahaya dan pemandangan luar bisa didapatkan dengan sempurna.
Pencahayaan alami ruang makan
Pencahayaan alami ruang makan yang sempit

Hias Ruang Makan Anda 

Penambahan nilai dekoratif nampaknya merupakan sesuatu yang tidak dilupakan begitu saja oleh para desainer interior. Untuk desain minimalis, dekorasi sering mereka pilih untuk menghiasi ruang makan adalah penggunaan tanaman hidup tatanan buah atau bunga di atas meja seperti terlihat pada gambar-gambar contoh di atas. Selain sederhana, hiasan bunga hidup dengan warna hijau alami bisa menggugah selera makan kita. 

Apakah Anda setuju dengan pendapat ini? Jika iya, Anda layak mencoba menerapkannya. Bila tidak, Anda bisa berbagi saran untuk para pembaca +De RuMi melalui komentar di bawah. 
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into