Home » , , , » Tiga Trend Desain interior Dapur Bersih Modern

Tiga Trend Desain interior Dapur Bersih Modern

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Tuesday, March 18, 2014 | 5:49 PM

Pemisahan dapur kotor dan dapur bersih nampaknya sudah mulai ditinggalkan orang. Selain sering salah kaprah karena dipakai untuk memisahkan dapur pembantu dengan dapur tuan rumah, pemisahan itu juga berampak negatif secara psikologis karena menyebutkan ada dapur kotor berarti secara psikologis kita mengizinkan ada bagian rumah kita yang "kotor". Kini mulai banyak yang menyadari bahwa yang ideal hanyalah satu, yaitu dapurnya terlihat bersih.

Dengan tersedianya berbagai referensi dari media yang sudah semakin canggih, beragamnya perabotan rumah tangga modern, serta dukungan para profesional desain interior, sekarang harapan memperoleh dapur bersih tak sulit untuk diraih. Sebagai inspirasi untuk Anda, +De RuMi menyuguhkan tiga model desain dapur bersih modern yang sedang menjadi trend sekarang ini.

Dapur Modern Natural

Semakin banyak yang menginginkan dapur modernnya terlihat alami. Untuk membuatnya, kita bisa memadukan perabotan rumah tangga yang modern seperti kulkas atau microwave, dengan furniture-furniture berbahan dasar dari alam seperti kayu maupun batu alam (marmer, granit). Elemen penting lainnya ada dua, yaitu warna dan pencahayaan (tata cahaya). Dapur modern natural menggunakan corak lembut dan segar warna-warna yang berasal dari alam, seperti warna kayu, hijau limau, putih, dan warna-warna tanah. Misalnya, untuk furniturnya dapat dipilih yang tanpa dilapisi cat sehingga tekstur warna naturalnya bisa lebih ditonjolkan. Warna natural ini mengharmoniskan interior dapur dan suasana luar rumah yang alami.

Elemen kedua adalah tata cahaya. Dapur dengan desain ini memerlukan pencahayaan yang terang agar warna-warna alaminya terekspose. Bila memungkinkan, tata cahaya untuk dapur dengan desain interior yang modern natural didapatkan dari pencahayaan alami matahari dengan menempatkan jendela kaca yang lebar dan atau genting kaca. Dengan desain alami, penghuni dapat mendapatkan suasana hangat yang dapat mempererat interaksi anggota penghuni rumah.

Dapur bersih dengan furniture modern dan warna alami
Dapur bersih natural memanfaatkan perabotan modern dan warna kayu dan batu alam

Dapur Modern Minimalis

Trend dekorasi dapur bersih modern yang kedua adalah desain minimalis. Selain praktis, desain minimalis juga memudahkan pemilik rumah untuk menata setiap benda maupun furniture yang digunakan di dalam ruangan tersebut. Kombinasi warna yang dipilih sebaiknya warna-warna monokrom. Putih, abu-abu, dan warna pastel lainnya adalah warna yang sesuai baik untuk perabotan maupun dinding dapur ini. Pencahayaan juga penting dalam desain ini karena warna yang sama jika diberi pencahayaan yang berbeda bisa menghasilkan warna yang berbeda.

Untuk bentuk furniturenya, Anda dapat menyesuaikan desainnya dengan konsep. Pada umumnya, desain furniture untuk ruangan yang modern minimalis lebih mengarah pada desain-desain polos dengan bentuk-bentuk geometris persegi. Jika Anda menginginkan suasana yang elegan, desain ini nampaknya bisa menjadi alternatif pilihan Anda.


Dapur modern minimalis
Dapur minimalis, warna monokrom dan bentuk geometris sederhana

Dapur Modern Kaya Warna

Trend desain dapur bersih yang juga sedang berkembang adalah modern kaya warna. Colorful kitchen biasanya melibatkan lebih dari dua buah warna untuk dikombinasikan. Kombinasi tabrak warna juga bisa digunakan bila Anda ingin membuat interior dapur Anda menjadi lebih berkesan dan futuristik. Warna-warna solid yang fresh seperti merah, biru, kuning, hijau, putih, orange, dan ungu menjadi pilihan warna yang bisa Anda gunakan untuk menghiasi dapur Anda.

Sebagian orang anti pada desain ruangan kaya warna karena menganggapnya norak. Namun Anda tak perlu khawatir. Kesan negatif itu akan hilang dengan sendirinya dengan desain yang tepat. Yang wajib Anda perhatikan saat membuat colorful kitchen adalah tetap menjaga keseimbangan komposisinya. Dapur yang kaya warna sebaiknya ditunjang dengan desain furniture yang sederhana dan tidak terlalu banyak memenuhi ruangan. Dengan proporsi ruang dan bentuk-bentuk geometris yang harmonis, Anda dapat membuat dapur bersih yang tak kalah cantiknya dengan dua desain sebelumnya.

Salah satu trik yang sering lolos dari perhatian orang yang menyukai dapur dengan desain ini adalah menggunakan warna-warni yang didapat dari alam, seperti buah dan bunga. Patut dipertimbangkan juga psikologi warna seperti orange atau merah yang dikatakan dapat mengundang selera makan kita.

Jika Anda orang yang berani dan dapat menjaga keseimbangan tersebut, rasanya Anda berhak memilih desain dapur yang ini demi mendapatkan suasana yang sesuai dengan mood dan selera Anda sendiri.

Dapur modern warna-warni
Dapur warna-warni,  karya Seattle Interior Designers & Decorators Tammara Stroud Design,
mendapatkan warna-warni dari alam sering luput dari perhatian orang.
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into