Home » , , , » Tiga Tips Memilih Gorden untuk Dekorasi Ruang Tamu

Tiga Tips Memilih Gorden untuk Dekorasi Ruang Tamu

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Monday, March 31, 2014 | 4:11 AM

Dekorasi rumah yang apik nan gaya bisa dilakukan dengan kain? Ya, kain sudah lama menjadi bagian hiasan rumah. Salah satunya adalah gorden. Kita lebih sering mendapati gorden dipasang di jendela walaupun dapat dipasang juga pada pintu atau sebagai pemisah antar ruang, Hal tersebut tak lepas dari fungsi gorden itu sendiri. Fungsi utama gorden antara lain adalah sebagai pelindung ruangan dari sinar matahari dan debu, termasuk furniture yang ada di dalamnya, dan juga penghuni ruangan agar merasa nyaman. Selain sebagai pelindung, tentu saja Anda bisa menggunakannya untuk memperindah rumah Anda.

Interior ruangan yang paling banyak kita temukan dihiasi dengan gorden adalah ruang tamu. Jika kesulitan memilih gorden apa yang tepat untuk ruang tamu, tiga tips berikut ini mungkin bisa menjadi panduan pertimbangan Anda.

Pilihan Gorden untuk Ruangan yang Sempit

Memiliki ukuran interior yang sempit mengharuskan Anda untuk lebih cermat dalam memilih jenis dekorasi yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Ruangan yang sempit membutuhkan dekorasi yang memberikan kesan lega dan lebih luas secara visual. Jendela kaca yang lebar dan tinggi sangat membantu memberi kesan lega tersebut. Untuk dekorasinya, gorden dengan desain minimalis cocok untuk ruangan ini. (Cobalah baca artikel +De RuMi sebelumnya, Beda Gorden dengan Draperi).


Gorden dengan warna-warna terang dan netral dapat menjadi pilihan. Warna putih, abu-abu, monokrom hitam, gading, beige, maupun warna pastel lain mampu memberikan kesan lega dan lebih luas pada ruangan Anda. Cara menggantung gorden tinggi dan lurus vertikal juga dapat mengimbangi ruangan yang terbatas. Sedangkan untuk meningkatkan kesan dekorasi yang cantik, Anda bisa memilih gorden dengan bebahan kain tipis seperti sifon dengan motif yang simpel dan tidak terlalu ramai, sesuai dengan suasana ruangan Anda. Pola Setrip Hitam putih atau Abu-abu dan Putih juga tepat bagi ruang tamu yang memiliki luas terbatas. Anda juga dapat memilih kain gorden yang polos atau tanpa motif. Jenis vitrase yang casual sesuai dengan kriteria-kriteria di atas.

Ruang tamu modern dengan gorden tinggi vertikal lurus ke bawah
Ruang tamu modern nampak luas dengan jendela kaca yang besar dikombinasi
dengan gorden tinggi, minimalis tipis berwarna netral karya Columbus Home Builders M/I Homes.

Pilihan Gorden untuk Ruangan yang Luas

Bila ukuran ruang tamu Anda terbilang luas, Anda dapat lebih bebas memanfaatkan berbagai jenis gorden untuk memperindahnya. Anda bisa menggunakan warna-warna yang lebih intens dan solid. Contohnya saja gorden berwarna marun, ungu, maupun coklat. Gorden-gorden dengan warna yang intens akan memberikan kesan yang mewah pada interior rumah Anda yang luas. Bahan yang lebih tebal dengan corak yang lebih detail juga dapat Anda pilih.

Jangan lupa pula dengan ukuran gorden, Anda perlu menyesuaikannya dengan ukuran jendela Anda. Semakin besar ukuran jendela Anda, semakin panjang gorden yang Anda gunakan. Jika memang sangat lebar, Anda dapat membaginya menjadi beberapa bagian seperti pada gambar desain interior kamar karya Dona Resene Interiors di bawah. Sedangkan untuk desain, gorden dengan aksen akordion atau lipatan-lipatan besar bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan pertimbangan kriteria-kriteria di atas, tirai draperi lebih tepat buat Anda.

Gorden ruang tamu tradisional dengan warna merah bata
draperi maroon atau redstone bercorak detail Ruang tamu tradisional berukuran besar, karya
Dallas Interior Designers & Decorators Dona Rosene Interiors

Pilihan Gorden untuk Ruangan Berwarna Monokrom

Bagi Anda yang memiliki interior rumah yang  terfokus pada warna-warna monokrom, ada beberapa pilihan gorden yang dapat Anda pilih. Untuk warna monokrom berdasar terang, seperti putih ataupun krem, Anda bisa memilih gorden dengan warna-warna yang kontras dan cerah, seperti hijau limau, kuning, orange, maupun merah. Sementara itu, untuk ruangan berwarna monokrom dengan warna dasar yang lebih gelap, seperti hitam dan coklat tua, Anda bisa memilih gorden dengan warna dasar yang anggun seperti putih, marun, krem, dan semacamnya. Walaupun memilih warna kontras, usahakan warna gorden Anda tersebut tidak menyakiti mata yang melihat. Selain dengan warna, Anda juga bisa berkreasi dengan motif karena ruangan tamu berwarna monokrom biasanya cenderung tidak memilih sentuhan motif-motif yang terlalu detail.

Detail corak gorden dan sofa kamar tamu
Warna hitam-putih selalu elegan dalam ruangan sempit maupun luas, corak yang detil akan menambah kesan mewah
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into