Home » , , » Tiga Cara Mendapatkan Panoramic View untuk Ruangan Rumah

Tiga Cara Mendapatkan Panoramic View untuk Ruangan Rumah

Posted by Admin on Sunday, March 23, 2014 | 10:54 PM

Membuat desain ruangan agar terlihat lebih indah dapat dilakukan dengan cukup mudah dengan bantuan rancang bangunan para arsitektur maupun mengaplikasikan ide-ide para desainer interior. Salah satu ide yang sangat menarik untuk kita aplikasikan adalah mendapatkan Panoramic View untuk sebuah ruangan.

Kini, bangunan rumah modern telah banyak yang memanfaatkan ide ini untuk menambah nilai estetika di bagian dalam ruangannya. Ide dasarnya adalah bagaimana sebuah ruangan mendapatkan pemandangan indah dari alam luar yang terlihat jelas detailnya sehingga mendapatkan suasana interior yang natural, menyegarkan dan berkesan lapang, menyatu secara harmonis dengan pemandangan luar tersebut. Untuk mendapatkan pemandangan semacam ini, desain rumahnya sendiri perlu dirancang secara khusus sehingga nantinya pemandangan indah yang terletak diluar benar-benar terlihat indah. Jika anda tertarik untuk mengaplikasikan ide ini, berikut tiga cara yang bisa Anda lakukan.

Buat Taman Luar dan Jendela Kamar yang Cukup Besar

Jika ingin membuat ruangan dengan panoramic view, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah adanya panoramic view itu sendiri. Untuk itu, Anda bisa membuat taman di luar ruangan. Mau tidak mau, hal ini akan terkait dengan rencana denah awal rumah Anda, dimana Anda harus menyisakan ruang kosong di luar ruangan untuk taman tersebut. Cara ini adalah yang paling mudah, karena kita dapat secara fleksibel merencanakan Letak Panoramic View di mana pun kita suka. Selanjutnya, baru kita bisa memasang jendela ruangan yang berukuran cukup besar menghadap taman tersebut. Akan jauh lebih baik lagi jika tipe jendela yang anda pilih adalah jendela yang berukuran cukup sama dengan ukuran dinding ruangan (wall-sized window) sehingga pemandangan taman luar bisa kita lihat dari dalam secara maksimal. Alternatif lain, Anda dapat memasang corner window yang juga dapat menghasilkan pemandangan yang cukup detail. Syaratnya pojok ruangannya menghadap ke panoramic view tersebut.

Kamar panoramic view jendela superbesar
Dengan jendela  super besar (wall-sized window), interior ruangan seakan terhubung harmonis dengan alam luar

Pilih Arah Jendela Kamar ke Pemandangan Terbaik

Jika lokasi rumah Anda telah memiliki pemandangan luar yang indah atau Anda memang sengaja telah memilih lokasi rumah dengan pertimbangan pemandangan, maka Anda tak perlu repot membuat taman luar lagi. Cukup dengan merancang denah rumah dengan ruangan yang jendela-jendelanya yang mengarah pada pemandangan terbaik. Rumah kayu dengan jendela-jendela besar menghadap ke pemandangan seperti desain di bawah akan menciptakan kesan yang hangat sekaligus segar sangat cocok untuk dipakai berkumpul bersama keluarga dalam suasana yang akrab dan relaks. Ditambah alat observasi seperti teleskop untuk menikmati keindahan langit di waktu malam hari, ruangan keluarga Anda akan menjadi sempurna.   

Ruang keluarga menghadap view terbaik
Ruang keluarga kontemporer menghadap panoramic view terbaik
karya Aspen Architects & Designers Charles Cunniffe Architects Aspen

Letakkan Ruangan di Lantai Dua

Alternatif meletakkan ruangan di lantai dua ini juga sering dipilih untuk bisa mendapatkan lebih banyak pemandangan yang tidak hanya terbatas sekitar area rumah saja, melainkan juga pemandangan yang lebih jauh. Anda juga dapat membangun balkoni di lantai dua sebagai alternatifnya. Dibandingkan ruangan dengan panoramic view yang ada di lantai bawah, suasana yang didapatkan di lantai dua terasa lebih tenang, cocok untuk Anda yang menginginkan ketenangan untuk mencari inspirasi.

Kamar panoramic view lantai dua
Balkoni kamar lantai dua  untuk mendapatkan panoramic view yang lebih jauh
desain karya Richmond Architects & Designers Birdseye Design
Editor: +Tricahyo Abadi
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into