Home » , , » Rumah Kabin untuk Daerah Pinggiran dan Pedesaan

Rumah Kabin untuk Daerah Pinggiran dan Pedesaan

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Wednesday, March 12, 2014 | 11:00 PM

Rumah kabin cukup populer di antara mereka yang berburu ketenangan di daerah pinggiran karena pada dasarnya rumah jenis ini memang digunakan sebagai rumah singgah sementara saat liburan. Namun, tidak tertutup kemungkinan rumah kabin yang sering juga disebut cottage ini dijadikan sebagai rumah tinggal permanen, terutama oleh mereka yang tinggal di daerah pinggiran atau daerah pedesaan yang ingin memiliki rumah yang sederhana namun cukup fungsional. Rumah jenis ini juga cocok bagi mereka yang ingin pindah ke daerah pinggiran untuk menghabiskan waktu secara nyaman dan menyenangkan dalam suasana asri dan tenang, yang bisa jadi tidak bisa mereka rasakan ketika hidup di kota. 

Rumah kabin kayu
Rumah kabin kayu, udara tropis mengalir lancar dengan ventilasi yang baik, sempurna untuk peristirahatan

Rumah kabin termasuk dalam desain rumah sederhana yang bisa anda rancang terutama apabila Anda tidak ingin memiliki desain rumah yang rumit ataupun terlalu berlebihan.  Bahkan, desain standar cottage mungkin merupakan salah satu rumah yang paling sederhana yang bisa ditemukan apabila Anda ingin mendapatkan rumah dengan desain minimalis. Tata ruang rumah ini tidak meninggalkan terlalu banyak ruang tanpa dimanfaatkan, biasanya minimal memiliki satu ruang tengah untuk berkumpul yang juga bisa dipakai sebagai ruang tamu jika ditinggali, sebuah ruang makan merangkap dapur, satu kamar mandi, serta satu kamar tidur.

Did You Know?

Cikal bakal Rumah kabin atau Cottage adalah pondokan para buruh tani di Eropa yang biasanya berada di tengah kebun yang mereka olah. Mereka menempati rumah tersebut untuk menunggui hasil panen atau binatang ternak majikannya. Umumnya cottage mereka tinggali bersama keluarga dan para teman sekerja. Tidak seperti sekarang yang umumnya berdiri secara individu berupa bangunan saja, pada waktu itu cottage biasanya berupa sebuah rumah petani atau ternak yang lengkap dengan pekarangannya, meski kecil ukurannya. (Wikipedia) 

Cottage mungil warna putih
Eksterior Cottage karya  Peachtree City Architects & Designers dari Our Town Plans

Membangun Rumah Kabin

Membangun rumah kabin sendiri tidak memerlukan banyak lahan karena ukurannya yang relatif kecil. Bahan-bahan baku yang dibutuhkan untuk membangun rumah kabin yang sebagian besar berupa kayu juga relatif mudah didapatkan di daerah luar kota atau pedesaan. Untuk perabotannya sendiri, kita cukup melengkapinya dengan yang diperlukan untuk memasak, tidur, dan bersantai  berkumpul dengan keluarga.

Cottage kayu rustic

Beranda Rumah kabin

Beranda bisa jadi sebuah tambahan yang menarik untuk sebuah rumah kabin. Meskipun tidak menjadi standar, rumah kabin dengan tambahan beranda menjadi salah satu desain rumah sederhana yang sangat diminati. Desain beranda dengan tambahan perabot seperti kursi rotan dan meja kayu kecil, menjadi sebuah tambahan spesial untuk mereka yang ingin mendapatkan sensasi tinggal yang berbeda. Beranda berfungsi tidak hanya untuk bersantai, tapi juga bisa untuk menerima tamu. 


Denah Beranda Kabin
Desain beranda kabin karya Andy Sheldon
Menikmati tenangnya suasana daerah pinggiran kota atau pedesaan di beranda rumah kabin bisa jadi merupakan hal paling menyenangkan untuk dilakukan baik berkontemplasi dengan diri sendiri ataupun berkumpul bersama untuk mendapatkan kehangatan suasana kebersamaan keluarga.
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into