Home » , , , , » Tiga Tips Menata Ruang Tamu dengan Desain Minimalis Modern

Tiga Tips Menata Ruang Tamu dengan Desain Minimalis Modern

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Saturday, March 15, 2014 | 7:44 AM

Menata ruang tamu dengan menggunakan desain interior minimalis sebenarnya merupakan sesuatu yang tidak begitu sulit untuk Anda lakukan. Yang perlu anda ingat adalah bahwa desain yang satu ini selalu mengutamakan tampilan yang sesederhana mungkin dengan mempertimbangkan fungsi. Dengan mengingat dan selalu memperhatikan kedua hal tersebut, tentunya Anda akan bisa menciptakan kreasi desain minimalis Anda sendiri untuk membuat ruang tamu Anda yang fungsional sekaligus apik di dalam kesederhanaan.

Pertama-tama, Anda harus menentukan terlebih dahulu tentang desain minimalis seperti apa yang akan Anda aplikasikan di dalam ruang tamu tersebut. Salah satu gaya yang bisa Anda pilih adalah desain minimalis modern, karena faktanya desain minimalis dan modern bisa saling melengkapi satu lain dengan cukup sempurna.

Sebagai sumber inspirasi bagi Anda, +De RuMi mengambil beberapa contoh desain minimalis modern ruang tamu yang bisa diadaptasi pada rumah Anda.

Floating Furniture dan Focal Point

Sebelumnya sudah kita bahas bahwa Floating Furniture adalah cara bagaimana menempatkan furniture pada tengah-tengah ruangan yang besar menjauhi dinding untuk tujuan mengisi pusat dan memperoleh pengudaraan dan lalu-lintas penghuni yang lancar. Seperti kita ketahui, sirkulasi udara dan trafik ini merupakan fokus desain rumah minimalis yang biasa merancang ruangannya dengan minimalisasi dinding. Gaya floating furniture ini tepat untuk mengakomodasi kebutuhan fungsional ruangan yang besar tersebut. Yang perlu diperhatikan, ruangan besar dengan floating furniture ini memerlukan pembagian area yang teliti dengan memanfaatkan penataan furniture tepat. Beberapa area memerlukan focal point sebagai titik fokus agar tidak terganggu oleh besarnya ruangan. Penggunaan backdrop kain ataupun latar kayu seperti contoh di bawah ini lazim kita pakai sebagai focal point, dengan dukungan perabotan modern lain seperti TV dan audio.

Ruang tamu dengan floating furniture dan focal point kayu
Ruang tamu dengan floating furniture dan focal point berlatar warna kayu alami


Warna Netral dan Alami

Tentu saja, cara termudah untuk mengaplikasikan desain minimalis pada gaya modern ini adalah dengan memilih warna-warna netral. Warna putih, abu-abu, kelabu, dan gradasinya adalah warna dasar yang sangat menentukan dalam desain minimalis. Warna-warna netral ini biasanya diaplikasikan sebagai warna latar seperti pada dinding ruangan. Di samping itu, warna natural seperti warna alami kayu juga sejalan dengan prinsip minimalis yang sederhana dalam mengekspos esensi segala sesuatu termasuk perabotan. Anda bisa menggunakan warna-warna alami kayu seperti pada lantai kayu dan kusen-kusen rumah.

cara-menata-ruang-tamu-dengan-desain
Pemakaian warna netral putih sebagai latar
dikombinasi warna natural kayu pada ruang tamu

Pencahayaan dalam Perpaduan Hitam Putih

Satu lagi cara menata ruang tamu dengan desain interior minimalis adalah dengan pencahayaan yang tepat dan Perpaduan Warna Hitam Putih yang serasi. Walau secara teori warna hitam putih bisa dianggap tidak ada, kenyataannya kita mempunyai cat warna hitam putih yang bisa kita aplikasikan untuk mendapatkan gelap terang ruangan. Selain cat, tentu saja pencahayaan ruangan sangat berperan untuk membentuk suasana. Anda bisa memainkan pencahayaan ruangan untuk memperoleh suasana nyaman yang diinginkan, seperti gradasi redup, terang, gelap, dan permainan bayangan.

Pada contoh di bawah ini terlihat jelas bagaimana kita sebenarnya bisa mengkombinasikan hitam-putih dengan pencahayaan ruangan secara harmonis.

Ruang tamu dengan pencahayaan dan warna hitam-putih
Dengan pencahayaan yang tepat dan perpaduan hitam-putih,
tercipta ruang tamu modern yang elegan
Bagaimana menurut Anda? Sudahkah terbersit inspirasi untuk menerapkan desain ruangan minimalis modern pada ruang tamu Anda? Silakan share pengalaman Anda lewat kolom komentar di bawah.
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into