Home » , , , » Lima Tips Desain Minimalis Interior Rumah Mungil

Lima Tips Desain Minimalis Interior Rumah Mungil

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Sunday, March 9, 2014 | 12:57 AM

Saat ini rumah mungil sudah menjadi salah satu pilihan utama sebagian masyarakat umum.  Jika dicermati lebih lanjut, proses desain bangunan rumah mungil selalu berkutat pada hal berikut: bagaimana membagi ruangan yang terbatas dengan salah satu tujuannya adalah memberi kesan ruangan menjadi lebih luas, lebar dan tetap nyaman. Mau tidak mau, isu ini pula yang akan dimaksimalkan dalam rancangan interiornya. Dengan tetap memperhatikan estetika, desainer interior rumah mungil berusaha menempatkan furniture yang sesuai dengan proporsi bangunan supaya tidak terkesan sumpek, tetap elegan, hangat, nyaman dan bersahabat (homey). Untuk membantu mendesain interior bangunan rumah mungil Anda, tips desain dengan gaya minimalis berikut bisa Anda coba terapkan.

1. Mengubah satu ruang utama

Jika ingin mendesain pedalaman rumah menjadi minimalis, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memilih salah satu ruangan dan mengubahnya. Anda cukup fokus pada satu ruangan saja. Jadikan ruangan tersebut sebagai inspirasi untuk mengubah ruangan selanjutnya. Ruang tamu nampaknya tepat sebagai langkah awal Anda.

Ruang tamu minimalis
Ruang tamu minimalis, lantai bersih nampak lega
(Gambar: Blackgoldceramic.Com)

2. Mulailah dengan furniture

Kesan pada sebuah ruangan sangat dipengaruhi dengan komposisi furniture. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendesain ruangan menjadi minimalis, Anda bisa memulainya dengan mengubah tata letak furniture. Anda harus paham bahwa dalam prinsip minimalis, semakin sedikit furniture dalam satu ruangan, semakin baik. Sebaiknya dalam furniture Anda tetap mengindahkan proporsi demi meraih Kesan Visual Estetis dalam desainnya.

3. Pertahankan yang penting

Saat ingin mengubah desain ruangan menjadi minimalis, Anda harus memperhatikan furniture mana yang dirasa masih dibutuhkan. Furniture yang sifatnya hanya sebagai pelengkap atau hiasan, sebaiknya Anda kurangi. Itu dapat Anda lakukan dengan memindahkan atau menyimpan furniture tersebut ke tempat lain, atau menukarnya dengan yang benar-benar fungsional bagi rumah mungil Anda.

4. Bersihkan lantai secara rutin

Lantai dalam ruangan Anda harus selalu nampak bersih karena akan sangat mendukung kesan minimalis seperti yang Anda inginkan. Selain itu, dengan lantai yang selalu bersih niscaya ruangan mungil akan nampak lebih luas. Anda harus rajin membersihkannya secara rutin. Jika rumah Anda menggunakan lantai kayu, Anda dapat membaca Cara Aman Membersihkan Selain Lantai Kayu.


Ruang tamu minimalis memiliki furniture fungsional dan minim dekorasi.

5. Minimalkan dekorasi di atas furniture

Jika merasa ruangan menjadi terlalu "sepi", Anda bisa saja menambahkan dekorasi tambahan. Namun, sebaiknya jangan meletakkan dekorasi apapun di atas furniture lain. Gunakanlah hiasan minimalis. Contoh hiasan minimalis klasik yang paling umum adalah sebuah vas yang diisi sebuah bunga, atau Anda bisa memasang lukisan gaya minimalis dengan frame hitam atau abu-abu. Gambar-gambar dekorasi geometris seperti gambar ilustrasi kedua di atas juga menjadi ciri dekorasi minimalis. -o-


Demikian tips desain minimalis dari +De RuMi. Apakah setelah membacanya membuat Anda tertarik untuk mengaplikasikannya pada ruangan mungil Anda? Jika memiliki pengalaman mendesain ruangan mungil yang unik, cobalah berbagi dengan para pembaca +De RuMi melalui kolom komentar di bawah. 
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into