Home » , , » Lima Bagian Rumah untuk Menghemat Biaya Pembangunan

Lima Bagian Rumah untuk Menghemat Biaya Pembangunan

Posted by Admin on Sunday, March 23, 2014 | 5:24 AM

Betapa menyenangkan saat Anda telah memiliki uang yang cukup untuk membangun rumah sendiri. Yang kemudian menjadi pelik adalah merencanakan dan mengatur pengeluaran biaya pembangunannya agar tidak terjadi pemborosan dalam prosesnya. Sebenarnya penghematan biaya dapat Anda lakukan dengan rancangan desain atau dengan pemilihan bahan bangunan yang tepat. Berikut ini adalah review lima bagian rumah yang sebenarnya dapat Anda kurangi atau modifikasi agar dapat menghemat biaya tersebut.

Jendela

Sebagian orang berpikiran bahwa desain rumah yang bagus adalah rumah yang memiliki banyak jendela. Memang rumah dengan banyak jendela memiliki beberapa kelebihan, seperti lebih bagus sirkulasi udaranya, dan juga lebih terang karena banyaknya jendela sebagai akses masuk cahaya.


Akan tetapi jendela merupakan salah satu bagian rumah yang terbilang mahal terutama jendela-jendela berukuran besar. Jika Anda sudah memiliki desain rumah, salah satu cara memangkas biaya pembangunannya adalah dengan mengurangi jumlah jendela. Selain mengurangi jumlahnya, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengganti bahannya dengan yang lebih murah. Cobalah mengganti kusen jendela dengan finishing non-kayu seperti vinyl karena lebih murah daripada jendela dengan finishing kusen kayu. Pahami juga beberapa jenis model jendela lebih murah dari pada yang lainnya. Jendela dengan desain minimalis tentunya akan lebih menghemat biaya daripada desain klasik yang penuh dengan ornamen detail.

Jendela rumah minimalis
Mengurangi jumlah jendela dapat menghemat biaya pembangunan rumah Anda.

Kabinet Dapur

Salah satu furniture yang diinginkan banyak orang untuk dipasang di dapur adalah kabinet atau lemari. Namun sebagian orang belum sadar bahwa kabinet dapur beserta pemasangannya membutuhkan biaya yang tidak murah. Padahal kabinet dapur dapat diganti furniture yang lebih terjangkau, misalnya dengan menggunakan kloset terbuka sederhana dengan konsep dapur kering sehingga Anda tidak perlu khawatir cepat rusak bila menggunakan bahan kayu olahan. Anda juga dapat mengganti kabinet dengan rak terbuka yang selain sangat mudah untuk dipasang sendiri juga lebih murah.

Rak dapur sederhana murah
Rak dapur terbuka untuk dapur kecil dapat dengan mudah Anda rancang sendiri.
desain karya Saratoga Springs Design-Build Firms Witt Construction

Jenis Lantai

Lantai karpet murah dan mudah diganti
Lantai karpet, murah dan
mudah diganti (Foto: John Hritz)
Ada berbagai macam jenis lantai yang bisa Anda pilih seperti ubin, marmer, kayu, tegel, dan sejenisnya. Pastikan bahwa Anda paham setiap kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis lantai. Lantai keramik atau kayu terbilang mahal. Yang paling mahal adalah lantai berbahan granit. Selain dari harga materialnya, ketiga jenis tersebut memerlukan biaya tinggi terutama karena biaya pemasangan yang mahal, yaitu membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Jika anda menginginkan bahan lantai yang lebih terjangkau, alternatif yang baik adalah Lantai Karpet. Karpet mudah diganti dan juga mudah dipasang.

Pagar

Seringkali pemilik rumah ingin agar rumahnya terlihat mewah dari luar sehingga memilih finishing eksterior yang paling bagus. Konsekuensinya adalah pembengkakan biaya pembangunan. Alih-alih, Anda sebenarnya dapat menghemat biaya tersebut dengan memilih pagar yang lebih fungsional. Alternatif terbaik nampaknya adalah menggunakan pagar hidup seperti dengan tanaman rambat atau tanaman perdu lain seperti teh-tehan atau Acalypha Siamensis. Selain murah, pagar hidup ini mudah dan sangat fleksibel untu Anda bentuk sendiri untuk mempercantik eksterior, juga ramah serta menyehatkan lingkungan rumah Anda.

Pencahayaan Lampu

Anda juga harus paham bahwa listrik dalam rumah merupakan salah satu bagian yang dapat Anda hemat dalam pembangunan rumah, misalnya jenis pencahayaan yang akan Anda pasang. Lampu frame tanam pada langit-langit atau dinding tentu lebih mahal. Oleh karena itu, pilihlah jenis pencahayaan yang standar saja, misalnya lampu duduk yang murah dan gampang dipindah daripada lampu yang terpasang permanen di langit-langit. Yang lebih murah lagi, Anda dapat menggunakan jenis lampu switch. Selain murah, dengan menggunakan pencahayaan lampu standar, Anda juga akan menghemat biaya listrik ke depannya.

Disadur dari: DoorFly diedit oleh: +Tricahyo Abadi
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into