Home » , , , » Empat Tips Mudah dan Murah Menghias Gorden

Empat Tips Mudah dan Murah Menghias Gorden

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Saturday, March 29, 2014 | 10:08 PM

Jika ingin menghias gorden, ada baiknya Anda menyimak empat tips yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah dan dan biaya yang murah berikut ini.

Alternatif Kain Bahan Gorden

Kain gorden bisa dibilang mahal. Sebagai alternatif, Anda bisa mengikuti ide Jennifer Pebbles. Jennifer memanfaatkan kain lain, yaitu Kain Duvet untuk gordennya. Idenya ini muncul ketika dia kesulitan mendapatkan kain gorden Pola Strip Horisontal Abu-abu dan Putih yang berlapis dan berukuran panjang. Dia dengan mudah menemukan pola dan panjang kain tersebut pada kain duvet. Kebetulan sekali, kain ini juga telah memiliki dua lapis yang membentuk ketebalan sesuai opasitas yang diinginkan Jennifer.

Untuk membuat gordennya, Jeniffer melipat duvet tersebut menjadi dua bagian simetris, kemudian tinggal mengguntingnya tepat pada lipatan. Ia bahkan tidak butuh menjahit bekas guntingan pada sisi kain tersebut, cukup dilipat ke bidang yang tersembunyi dari arah pandangan ruangan, lalu dijepitnya dengan ring gorden untuk menggantungkannya. Dengan meletakkannya cukup tinggi, kain hias tempat tidur ini bisa disulap menjadi tirai yang cantik, minimalis, dan murah meriah.

Kain duvet untuk gorden
Kain Duvet pun dapat dimodifikasi menjadi gorden, karya Jennifer Pebbles di blognya, blog.studiopebbles.com

Did You Know? Salah Kaprah Lagi

Tahukah Anda, tirai itu pada dasarnya dibagi menjadi dua, draperi dan curtain. Curtain bersifat kasual dan informal. Kainnya lebih tipis dan ringan, cocok bagi yang ingin menghalangi pandangan luar tapi masih ingin cahaya masuk (fungsinya mirip shade). Lipatannya sederhana, berkerut tidak lurus membentuk garis (lebih tepatnya lihat buatan Jennifer di atas). Bahan yang dipakai curtain biasanya katun, linen, voile, atau renda. Draperi, drape, atau tirai alun adalah tirai yang dilipit secara dekoratif. Draperi lebih formal daripada curtain, lipatannya detail dan lebih elegan. Bahan draperi lebih tebal, panjang hingga ke lantai, dan tidak tembus cahaya, misalnya beludru, sutra, dan chenille. Draperi cocok untuk privasi bagi yang lingkungan tetangganya yang saling berdekatan. 

Salah kaprah nampaknya sudah terjadi di Indonesia. Walau sudah diadopsi sebagai kata Indonesia, kini draperi sering disebut sebagai gorden, sedangkan curtain yang fungsinya lebih mirip kelambu dan lebih cocok dipadankan gorden saat ini lebih sering dipadankan dengan tirai saja atau vitrase yang fungsi sebenarnya lebih untuk jendela atau pintu kaca. 

Cantelan Tempel dan Stik

Biasanya untuk memasang gorden perlu pengait atau hook untuk menggantungkan gorden pada besi stik gorden. Ada beberapa jenis hook yang dapat digunakan seperti ring besi, atau klip besi kecil. Ada cara gampang, ringkas, dan murah untuk memasang gorden, yaitu menggantungkan langsung pada stiknya, kemudian Anda memasangnya pada sepasang cantelan tempel.

Pertama pasang dua cantelan tempel pada kedua sisi atas jendela. Selanjutnya, pasanglah gorden pada stik yang berbahan kayu atau metal dengan cara membuat lipatan dan menjahitnya pada untuk membentuk lubang stik. Terakhir, Anda tinggal mencantolkannya pada cantelan tempel yang telah Anda pasang sebelumnya.


Yang perlu Anda perhatikan sesuaikan berat dari stik dan gorden dengan kekuatan tempel cantelan pada dinding. Jika Anda memaksakan dengan memasang gorden atau tirai yang beratnya di luar kemampuan stik dan cantelan, bisa-bisa malah mendapatinya cepat rusak. Alih-alih hemat, stik gorden justru cepat melengkung, sedangkan cantelannya cepat tercabut dari dinding. Akibatnya, dinding malah jadi rusak.

Cantelan tempel untuk gantungan gorden
Anda bisa membeli cantelan tempel merk Command di Amazon dan stik metal untuk gantungan gorden

Pita Kain

Selain memasang gorden dengan melipat masuk kain yang telah dijahit seperti pada tip-tip di atas, Anda dapat dengan mudah menggunakan pita kain sebagai pengganti hook untuk menggantungkan gorden. Anda bisa membuatnya dengan jahitan sederhana pada kain-kain perca atau yang sudah tidak terpakai. Buatlah lubang-lubang pada kain gordennya untuk masuknya pita kain tersebut. Jadilah gantungan gorden pengganti hook. Anda juga tidak perlu stik yang memiliki reel atau alur lagi. Alih-alih, Anda bisa menggunakan jenis stik bulat yang biasa dipakai untuk ring hook. Untuk sentuhan terakhir, buat simpul dasi kupu-kupu. Sederhana, mudah, murah, dan cantik.

Pita kain pengganti hook gorden
Kain pita pengganti hook gorden (foto: Etsy.Com)

Alternatif Tali Gorden

Tusuk konde gorden
Tusuk konde gorden
Alternatif lain yang juga sudah banyak dipakai sekarang adalah tusuk konde perapi kain gorden untuk membentuk model kupu-kupu. Hiasan ini pun sebenarnya bisa Anda buat sendiri, dengan bahan kayu atau memanfaatkan barang-barang yang sudah tak terpakai lainnya. Pada intinya Anda hanya perlu sebuah lingkaran dan sebuah tusuk. Hiasi sesuai kreasi Anda.

Atau jika Anda punya dan bosan dengan hiasan manik-manik baik hiasan gantung maupun manik-manik kalung, jangan buru-buru dibuang. Hiasan manik-manik atau kerang bisa Anda rangkai untuk alternatif tali tassel gorden Anda. Dengan hiasan dari batu hias, kerang, manik-manik tentunya akan semakin membuat menarik gorden Anda. Selamat berkreasi.


Disadur dari: BuzzFeed.Com
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into