Home » , , » Tiga Cara Mudah Memilih Warna Cat Ruangan

Tiga Cara Mudah Memilih Warna Cat Ruangan

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Thursday, March 20, 2014 | 5:44 PM

Warna merupakan salah satu elemen penting dalam desain interior rumah. Ia memiliki kemampuan ajaib dalam meningkatkan keindahan dalam ruangan Anda. Pengaplikasian warna tertentu dapat menimbulkan efek visual seperti ruangan seolah-olah terlihat lebih besar, atau justru nampak lebih kecil dari aslinya. Kita menyebutnya dengan ilusi warna. Pemilihan warna yang tepat dapat juga menjadi kamuflase yang sempurna untuk menutup suatu kekurangan yang ada. Dan yang paling penting warna yang tepat dapat mengubah suasana suatu ruangan. Di sini +De RuMi kembali akan membagikan tiga tips yang memudahkan Anda untuk memilih warna cat yang tepat untuk interior rumah Anda.

Survei Online: Temukan Kode dan Nama Warna Cat

Pertama, pastikan Anda tidak salah memilih warna dalam membeli warna cat yang Anda inginkan. Hal ini akan memudahkan proses-proses selanjutnya. Perhatikan bahwa setiap produsen cat memiliki sampel warna yang selalu disediakan di toko-toko cat atau bangunan. Pada sampel tersebut, Anda akan melihat gradasi warna-warna yang sangat mirip. Tidak perlu bingung memilih karena setiap warna memiliki nama dan kode khusus.

Lakukan browsing di internet khususnya di situs-situs produsen cat untuk mengetahui secara pasti nama dan kode warna pilihan Anda.

Gradasi warna-warni cat
Setiap produsen cat memiliki kode dan nama warna sendiri untuk membedakan gradasi warna

Tips 

Mencetak warna sampel yang didapat dengan printer di rumah seringkali tidak efektif. Hasil cetakan sering tidak sesuai dengan dengan karakter sampel warna yang sebenarnya, kecuali printer Anda memang berkualitas bagus.

Survei Lapangan: Ke Toko Cat

Lebih baik lagi bila lewat browsing itu Anda sudah mengetahui toko mana yang menyediakannya. Setelah memilih warna yang diinginkan, Anda bisa pergi ke toko tersebut untuk melanjutkan pemilihan. Sesampai di toko, Anda cukup menyebutkan kode warna dan produsennya. Bila tidak menemukan toko yang Anda cari, maka Anda tidak perlu kodenya karena setiap produsen memakai kode yang berbeda-beda. Alih-alih, Anda bisa menggunakan nama warnanya karena penyebutan antar-produsen cat relatif sama sehingga bisa Anda bandingan untuk mencari warna yang serupa ketika berada di toko cat. Anda tak perlu buru-buru membeli catnya, tetapi cukup minta kartu sampel warnanya saja untuk di bawa ke rumah.


Ambil Beberapa Sampel Warna

Sebaiknya Anda memilih minimal setidaknya lima sampel warna untuk dibawa ke rumah. Cobalah kombinasikan di ruang rumah yang paling kecil, dapur atau kamar mandi misalnya. Tempelkan pada dinding, lantai, dan langit-langit dengan bantuan selotip dan gunting. Jika kesulitan, Anda dapat mencari kotak nasi bekas yang atau styrofoam berwarna putih sebagai dinding maket kecil untuk percobaan. Perhatikan di beberapa pencahayaan, lihatlah sampel saat pagi, siang, dan malam hari. Pastikan apakah Anda benar-benar akan menyukainya sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. 

Kombinasi warna cat hijau abu-abu
Kombinasi warna yang berbeda dapat menghasilkan suasana yang berbeda
pula. Dua warana hijau dan abu-abu monoton perlu diimbangi warna putih
dan kuning kayu sehingga jauh
 lebih menarik lagi.
Ruang cat hijau kuning

Pergunakan Bantuan Gambar

Cara termudah memilih warna cat ruangan adalah dengan memakai gambar. Ada tiga gambar desain yang dapat Anda pilih. Pilihan pertama adalah gambar rumah hasil desain yang sudah jadi lengkap dengan cat dan perabotannya. Yang kedua adalah desain tiga dimensi yang juga sudah lengkap dengan kombinasi warnanya. Yang ketiga adalah gambar perspektif polos yang dapat Anda isi sendiri kombinasi warnanya.


Gambar-gambar tersebut bisa Anda buat sendiri bila menguasai program-program grafis. Jika tidak, Anda bisa mencarinya di internet. Inspirasi gambar warna ruangan sekarang ini juga sudah banyak tersedia bahkan di blog-blog, seperti halnya di +De TRuMi ini. Khusus untuk gambar perspektif polos, Anda tinggal memanfaatkan fitur Fill di program-program grafis untuk mengisi warnanya. Tidak perlu khawatir berlepotan cat, Anda tinggal Undo jika warnanya kurang pas di hati. 

Gambar perspektif dapur
Gambar perspektif dapur dengan pengaplikasian warna kayu, mempermudah dalam pemilihan warna
(foto desain dari PanduanDapur)
Dengan cara memilih cat warna di atas, Anda tak perlu terombang-ambing Trend Warna yang Sedang Berkembang di masyarakat. Semuanya bisa Anda tentukan dengan pertimbangan dan cara pilihan Anda sendiri. Dengan memutuskan sendiri melalui langkah-langkah percobaan di atas, harapannya adalah Anda akan merasakan kepuasan sehingga Anda dapat tinggal dengan nyaman di rumah sendiri. Jika toh hasilnya masih kurang menggembirakan, kita tak perlu kecewa. Semua tak ada yang sempurna karena mesti butuh perlu perbaikan. Coba lakukan eksperimen ulang warna Anda hingga mendapatkan hasil yang terbaik menurut Anda.
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into