Home » , » Beberapa Tips Ringkas tentang Warna Interior Ruangan

Beberapa Tips Ringkas tentang Warna Interior Ruangan

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Thursday, March 20, 2014 | 11:02 PM

Menciptakan Suasana Ruangan dengan Ilusi Warna

Warna merupakan kunci keberhasilan dekorasi interior rumah. Ruangan-ruangan besar dicat dengan warna-warna terang dan hangat, agar dinding terlihat dekat dan menciptakan suasana bersahabat. Ruangan kecil perlu dicat dengan warna-warna netral an dingin agar terlihat lega. Biasanya tiap rumah dibangun dengan dua warna dasar sebagai temanya. Dari situ kita menambah aksen, membuat Focal Point, dan memainkan gradasi warna agar interior ruangan tidak membosankan. Menggunakan dua jenis cat yang berbeda yang diaplikasikan secara horizontal membuat ruangan tampak lebih tinggi. 

Jangan Merasa Wajib Menggunakan Warna Tertentu

Jangan pernah merasa wajib memakai warna tertentu "harus warna ini dan jangan itu" hanya karena Warna Tersebut Menjadi Trend, kecuali Anda memang menginginkannya. Ada orang yang menyukai warna kalem dan monokrom, ada juga yang menyukai ruangan yang kaya warna. Semuanya bagus. Kuncinya adalah menjadikan rumah sebagai cerminan kepribadian dan selera Anda, apapun warnanya.

Apakah Warna Terang Kontras Itu Norak?

Itu hanya psikologis saja. Jika Anda memang benar-benar berani dan menyukainya, mengapa tidak mengikuti kata hati Anda? Yang perlu diperhatikan, warna mencolok yang dominan bisa membuat cepat bosan. Solusinya, Anda bisa memanfaatkan warna-warna kontras sebagai aksen interior ruangan.

Memilih Sesuai Karakter Diri dan Suasana yang Diinginkan

Warna sangat tergantung selera masing-masing. Sebagai langkah awal mungkin Anda bisa menanyakan bagaimana karakter Anda, kalem, ceria, romantis, atau tegas. Alternatif kedua, Anda bisa langsung menentukan suasana yang ingin dibangun, apakah mewah, sederhana, kokoh, santai, alami, dan sebagainya. Warna memiliki kesan yang berkaitan dengan sifat-sifat tersebut. Menentukan tema rumah bisa dimulai dari kedua titik itu: menyesuaikannya dgn kepribadian Anda atau menentukan tema suasana yang ingin Anda bangun. (Tanggapan atas pertanyaaan Pak Mohammad Oyyib via Fan Page FBRumah 7 x 10. Untuk profil depannya, yang bagus diberi warna apa?)

Kombinasi warna cat yang tepat
Kuning dan oranye yang menyala diimbangi dengan warna netral kayu, abu-abu, dan hijau daun alami

Rumah Baru di Perumahan, Perbaiki yang Belum Terjamah

Seringkali rumah baru di perumahan nampak kurang berkesan karena memang keadaannya yang serba baru. Saran +De TRuMi, biarkan rumah yang sudah jadi (warna cat, ruangan, bentuk bangunan, dan sebagainya.)  Alih-alih, cobalah untuk menata sedikit demi sedikit lebih dulu bagian luar yang biasanya belum terjamah. Suasana luar rumah menjadi bagian penampilan luar (fasad). Saran kami, sebaiknya Anda membenahi tanah di luar, atau membuat taman sederhana. Selain membawa pengaruh keindahan fasad, perbaikan taman lebih murah, menyenangkan dan yang paling penting menyehatkan lingkungan. Setelah itu, baru nanti coba kita bandingkan dengan kesan awal yang kita dapat, dan kalau perlu memperbaiki warna catnya. (Tanggapan atas pertanyaan Mbak Diah via Fan Page FB: Minta sarannya dong bro/sist, warna yang cocok untuk rumah baru saya ini. Agar lebih kelihatan elegan dan enak di pandang, terimakasih sebelumnya.)

Coba-Coba Warna Tiada Salahnya

Gypsum telah dicat sebelum dipasang
Gypsum telah dicat
sebelum dipasang
Sekali lagi Anda tak perlu menghentikan imajinasi. Jika tidak mempunyai kemampuan artistik, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti stample, pola motif, pola gambar, atau bahkan hiasan garis strip dengan bantuan selotip dan koran untuk alat simulasi dalam menghias dinding. Yang lebih aman, Anda bisa menggunakan alat bantu gambar agar hasilnya lebih bagus.

Warna Gypsum

Langit-langit rumah biasanya terdiri dari gypsum yang berwarna putih. Namun sekarang ini trend sudah berubah. Kita bisa menggunakan warna-warna cerah seperti biru langit dan hijau muda. Kini Anda dapat memesan gypsum dengan warna. Anda juga bisa mengecat sendiri gypsum sebelum dipasang agar lebih mudah. 

Warna Untuk Furniture

Furniture juga bisa dihias dengan warna-warna tertentu agar menarik dan seusai dengan desain interior. Anda dapat memilih furniture yang terbuat dari bahan yang memang memungkinkan untuk dicat sebagai finishing-nya seperti yang berbahan tripleks ata plywood.

Mengecat multipleks
Multipleks, bisa dilapisi cat

Jika punya ide, saran, atau tulisan mengenai warna, Anda bisa mengirimkannya ke +De RuMi untuk kami terbitkan di sini. Anda juga bisa memesan furniture plywood dengan finishing HPL kepada +De RuMi melalui CS kami yang tertera di bagian bawah blog ini. 
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into