Home » » Lima Unsur Feng Shui Meningkatkan Energi Ruangan Rumah

Lima Unsur Feng Shui Meningkatkan Energi Ruangan Rumah

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Tuesday, February 11, 2014 | 2:37 AM

Dalam Feng Shui terdapat lima unsur: kayu, api, air, tanah, dan logam. Setiap unsur tersebut memiliki peran masing-masing dan bersatu membawakan ketenangan dan memulihkan energi di seluruh ruangan.

Unsur Kayu

Unsur kayu dipergunakan untuk memanen kekuatan kreativitas dan pengembangan. Kayu juga mewakili berbagai aspek seperti kelahiran, kekuatan, fleksibilitas, dan intuisi. Penggunaan unsur kayu dalam ruangan haruslah seimbang karena apabila terlalu banyak akan membuat orang merasa kewalahan, keras kepala, dan tidak fleksibel. Sebaliknya, kekurangan unsur kayu dalam ruangan akan membuat berkurangnya kreativitas, ambivalensi (perasaan bertentangan), dan depresi (perasaan tertekan). Penambahan unsur kayu di ruangan dapat dilakukan dengan meletakkan tanaman, kertas, dan furnitur.

Lima Unsur Feng Shui
Lima Unsur Feng Shui 

Unsur Api

Unsur api meningkatkan antusiasme dan leadership skill (kemampuan dalam kepemimpinan). Di dalam rumah, api dipakai untuk mengembangkan inspirasi, keberanian, dan kemampuan untuk mengungkapkan perasaan dengan baik. Keseimbangan unsur api sangat penting karena jika terlalu banyak akan dapat memantik kemarahan, agresivitas, ketersinggungan, dan perilaku impulsif lainnya. Kekurangan unsur api seringkali diasosiasikan dengan dinginnya emosi, kurangnya visi, ketidakmampuan mengungkapan pendapat, dan rendah diri. Untuk menambahkan unsur api ke dalam ruangan, bisa dilakukan dengan menyalakan lilin atau bola lampu pijar. Jangan lupa cahaya matahari alami yang merupakan unsur api alami paling dahsyat. Untuk pelengkap, memasang gambar binatang, meletakkan barang-barang elektronik, membuat warna-warna "panas" seperti merah, pink, dan ungu, juga akan menciptakan unsur api.

Unsur Tanah

Selain mempengaruhi kekuatan perintah serta fisik kita, elemen tanah juga memproduksi rasa kokoh, stabil, dan seimbang. Unsur tanah yang berlebihan dalam ruangan mengakibatkan sensasi rasa bosan, tidak bersemangat. Terlalu sedikit unsur tanah bisa mengarah pada kesemrawutan, kekacauan, dan kurang fokus. Untuk menambahkan unsur ini pada ruangan, Anda dapat memakai warna hijau, coklat, dan pasir. Gambar pemandangan serta aksesoris ruangan berbentuk kotak dan persegi panjang dapat membawakan elemen tanah ke dalam rumah Anda. 

Unsur Logam

Unsur logam mempengaruhi kejernihan mental dan logika. Logam juga berimbas pada kemampuan organisasi, fokus, jalan yang benar, dan kemampuan analisis. Terlalu banyak logam dapat menyebabkan basa-basi, pikiran kritis yang berlebihan, serta berbicara tanpa berpikir. Ruangan yang kekurangan logam bisa mengakibatkan sifat pendiam, kehati-hatian, dan kurang fokus.

Untuk meningkatkan unsur logam dalam ruangan, tambahkanlah bentuk-bentuk bulat atau oval, termasuk besi, aluminium, emas atau perak, batu-batuan atau karang, warna putih, kelabu, serta warna pastel terang atau perak.

Unsur Air

Wilayah air bertanggung jawab terhadap spiritualitas dan emosi. Keseimbangan air akan membawakan inspirasi dan wawasan, sedangkan jika terlalu banyak akan membuat perasaan transisi yang tidak seimbang, dan perasaan seakan tenggelam secara emosional. Kebanyakan unsur air juga dapat membuat rasa yang meluap-luap serta dibanjiri hubungan sosial. Terlalu sedikit air akan mengakibatkan kurangnya simpati, merasa kesepian, terisolasi, dan stres. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan nuansa gelap, hitam, atau warna yang bersifat lembut seperti biru, hijau, dan ungu. Permukaan yang memantulkan bayangan seperti cermin, bentuk asimetris dan bebas, atau objek apapun yang berhubungan dengan air seperti akuarium atau air mancur juga bisa meningkatkan unsur ini.

Cara Menciptakan Ketenangan dan Rasa Tenteram di dalam Rumah Menggunakan Unsur Feng Shui

Kehadiran Sang Buddha menciptakan kedamaian seketika. Oleh karena itu, seringkali disarankan untuk meletakkan gambar atau patung Buddha di dalam ruangan rumah. Terapi aroma merupakan alternatif lain untuk memanen rasa tenang dalam praktik Feng Shui. Penggunaan bibit minyak wangi akan membantu memurnikan, membuat relaks, Meningkatkan Energi, serta menciptakan atmosfir sensual. Seni juga merupakan hal terpenting dalam Feng Shui dan dipandang dapat Meningkatkan Energi di dalam Rumah maupun tempat kerja. Pastikan seni yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Kamar tidur atau kamar mandi, misalnya, perlu pajangan karya seni yang sensual dan menenangkan, misalnya lukisan pemandangan alam dari cat air. Ruang Keluarga dan Ruang Kantor akan memiliki suasana yang meningkatkan energi apabila dipenuhi dengan warna-warna terang dan penuh semangat.


Lilin mendukung unsur api dan wajib ada di setiap rumah. Pertimbangkan juga untuk membangun air mancur mini di rumah karena mendukung unsur air yang mengandung energi damai dan tenteram. Bambu juga merupakan salah satu pendukung penting unsur tanah Feng Shui. Tidak fisiknya yang hanya indah dan perawatannya yang mudah, bambu juga dipandang sebagai simbol keberuntungan serta mencerminkan ajaran kebijaksanaan tertinggi: yaitu bagaimana kita bisa fleksibel sekaligus sunyata untuk membuat suasana kebatinan mengalir bebas dan menyembuhkan keberadaan Anda di dunia yang penuh samsara.

Sumber: Freshhome.Com
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into