Home » , , » Tiga Konsep Desain Kenyamanan Ruang Keluarga

Tiga Konsep Desain Kenyamanan Ruang Keluarga

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Sunday, February 9, 2014 | 6:47 AM

Ruang keluarga ibarat jantung dalam sebuah rumah. 
Dialah yang memompa denyut nadi sebuah keluarga. 

Seindah apapun eksterior kita, itu ditujukan utamanya untuk orang luar. Sementara itu, ruang keluarga adalah pusat sehari-hari berinteraksi dengan seluruh anggota keluarga. Khusus bagi rumah minimalis, di sinilah suasana seisi rumah terbangun karena seringkali kita dapati ruang keluarga ini berfungsi ganda pula sebagai Ruang Tamu. Dengan fungsi ganda tersebut, dalam merancang tentu kita harus menetralkan kedua kepentingan yang sering berbenturan, yaitu privasi kontra kunjungan tamu. Kali ini kita akan membahas konsep kenyaman jantung rumah minimalis ini secara singkat.

1. Dinding Kaca Transparan Melapangkan Ruang

Dinding kaca berkesan melapangkan ruangan
Dinding kaca membuat ruangan terasa lapang



Jika terdapat lahan terbuka di samping ruang keluarga, baik taman maupun kebun, kita bisa memilih alternatif membuat dinding atau pintu kaca bening transparan sebagai salah satu manipulasi untuk menciptakan kesan ruangan keluarga yang lega. Seperti pada contoh di atas, pandangan ke kebun atau taman terbuka membuat suasana lebih alami dan nampak lebih luas. Sofa-sofa nampak mengakomodir para anggota keluarga untuk berbaring bertelekan dengan nyaman di atasnya pada malam hari sembari menikmati hangatnya perapian yang ada di depannya.

2. Warna-Warni

Ruang Tamu Penuh Warna
Ruang tamu penuh warna menciptakan suasana hidup

Permainan warna terang disukai oleh orang-orang yang ingin menciptakan suasana segar serta kesan hidup dan ceria. Perpaduan seperti contoh ruang keluarga di atas cukup apik sekaligus unik mengingat warna-warni yang menciptakan kesan forever young yang mewakili anak-anak dikombinasi dengan motif batik yang menimbulkan kesan sebaliknya mewakili orangtua, yaitu mature. Nilai tambahnya, sofa-sofa pelangi tersebut cukup mobile (dapat dipindah dengan mudah) untuk ditata kembali sesuai dengan rancangan yang diinginkan sehingga memenuhi kriteria dinamis sebagai langkah memperoleh kenyamanan ruang keluarga.

3. Tema Hijau Kekuningan Minimalis dan Elegan 

ruang keluarga tema hijau fresh
Tema hijau kekuningan yang fresh untuk para muda
Contoh ketiga ini memilih tema fresh dan berjiwa muda dengan warna hijau kekuningannya. Selain itu, terlihat juga rancangan untuk menciptakan kesan relaks dengan sofanya yang berkaki rendah serta berukuran lebar sebagai tempat bertelekan dan berbaring santai. Selain sebagai ruang keluarga, contoh cukup elegan dan dinamis untuk difungsikan sekaligus sebagai Ruang Tamu.


Demikian ulasan +De RuMi kali ini tentang kenyamanan ruang keluarga, mudah-mudahan bermanfaat. Jangan lupa beri komentar di bawah untuk menanggapi ulasan kami.
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into