Home » , , » Empat Tips Membeli Furniture Rumah Minimalis

Empat Tips Membeli Furniture Rumah Minimalis

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Friday, February 28, 2014 | 7:30 PM

Seiring dengan menjamurnya toko-toko mebel sekarang ini, penampilan model furniture atau perabot rumah pun makin beraneka ragam. Tentu saja hal itu semakin menarik perhatian Anda untuk membelinya. Namun jika rumah Anda mengadopsi desain minimalis, Anda sebaiknya memperhatikan satu hal pokok dalam prinsip rumah minimalis: mengurangi penggunaan perabotan yang ada di dalam ruangan, dan mencukupinya dengan yang benar-benar diperlukan saja. Jika tidak, konsep minimalis rumah bisa kacau oleh pembelian furniture yang salah. Untuk itu, ada baiknya Anda mengikuti Tips Membeli Furniture Rumah Minimalis pada tulisan ini.


Sebelum membeli, tanyakanlah pada diri Anda sendiri beberapa hal berikut:
  1. Apakah furniture tersebut memang dibutuhkan dalam rumah?
  2. Apakah bentuk furniture tersebut sesuai dengan fungsinya?
  3. Apakah warna furniture tersebut benar-benar sesuai dengan selera Anda sehingga Anda akan menyukai barang tersebut hingga beberapa tahun mendatang?
  4. Di mana Anda akan menempatkan furniture tersebut?
  5. Apakah bentuk furniture tersebut proporsional dengan ruang tempat Anda akan meletakkannya?
  6. Cocokkah harga furniture tersebut dengan perkiraan harga termasuk pertimbangan Bahan Materialnya maupun dengan budget pengeluaran Anda?

Sesuai Kebutuhan Rumah

Rak partisi antara ruang keluarga dan ruang makan
Rak partisi antara ruang keluarga dan ruang makan
Seperti yang telah disebutkan di atas, tujuan utama konsep minimalis memang meminimalisir perabotan sesuai kebutuhan. Membeli furniture semata karena tertarik penampilannya sebenarnya sudah bertentangan dengan prinsip rumah minimalis. Kita harus pintar dalam membeli furniturenya. Penggunaan lampu gantung dalam ruang tamu yang kecil misalnya, justru akan membuat ruangan terasa lebih sempit. Begitu juga pemilihan pola furniture, harus sesuai kebutuhan tema minimalis.

Sesuai Fungsi

Karena pola-pola yang dipakai dalam furniture minimalis adalah pola-pola dasar, kadang desain yang dibuat tidak memperhatikan kenyamanan fungsinya. Kursi yang dibuat dengan bentuk geometris sederhana misalnya, belum tentu nyaman untuk diduduki. Oleh karena itu, pertimbangkan fungsi furniture yang akan Anda beli, apakah untuk kenyamanan fungsi asal yang Anda pilih, atau lebih untuk dekorasi rumah.

Penempatan dan Proporsi yang Tepat

Furniture tertentu akan sedap dipandang dari sudut tertentu, namun mengganggu pandangan apabila diposisikan berbeda. Bahkan tidak hanya pandangan, peletakan furniture yang keliru membuat pergerakan penghuni rumah minimalis menjadi tidak lancar. Sesuaikan juga besar furniture dengan luas ruangan (pertimbangan proporsi). Ketika Anda membeli furniture berdasarkan kebutuhan, setidaknya sudah ada bayangan bahwa furniture ditempatkan di ruang mana, sehingga ketidaknyamanan itu tidak terjadi. Di samping fungsi aslinya, furniture dalam juga sering berperan sebagai partisi antar ruangan. Furniture partisi ini dimainkan untuk mengganti tembok bagian dalam rumah yang biasanya juga dikurangi dalam rumah minimalis. Seperti gambar contoh di atas, rak buku atau rak souvenir berfungsi sebagai partisi antara ruang keluarga dan ruang makan.

Sesuai Selera

Yang juga patut dipertimbangkan dalam membeli furniture adalah apakah kita benar-benar akan menyukainya selama beberapa tahun ke depan. Kesesuaian dengan selera cukup penting karena furniture adalah perabotan yang memiliki waktu pakai yang relatif lama. Untuk itu, sebaiknya Anda harus tetap menyesuaikannya dengan selera rumah yang telah Anda pilih, yaitu minimalis.

***

Demikian tips yang bisa Anda lakukan saat membeli furniture rumah yang bisa menghindarkan dari salah pilih furniture (yang kita beli tidak sesuai dengan suasana rumah atau tidak kita butuhkan dalam rumah).
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into