Home » , , » Tiga Model Standar Rumah Minimalis berdasarkan Lahannya

Tiga Model Standar Rumah Minimalis berdasarkan Lahannya

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Saturday, December 21, 2013 | 12:33 AM

Di saat lahan untuk bangunan semakin sempit dan harga tanah kian melejit, kini begitu banyak orang yang mencari desain rumah dengan konsep minimalis. Tak hanya model dan ukuran saja yang menjadi buruan, tapi jumlah lantai pada umumnya juga diperhitungkan oleh para pencari desain rumah terbaru. Memang model hunian minimalis yang tersedia pada dasarnya hanya dibagi menjadi dua macam yaitu rumah minimalis (rumi) dengan satu lantai dan dua lantai. Jika lebih dari itu, sebuah rumah oleh khalayak umum biasanya sudah tidak tidak dikatakan lagi sebagai rumi meskipun perancangnya tetap menerapkan prinsip-prinsip minimalis.

Cara Mendapatkan Desain Rumah Minimalis

Sebenarnya untuk contoh-contoh desain rumi saat ini sudah sangat mudah didapatkan. Anda dapat berjalan-jalan ke beberapa perumahan yang baru dibangun di sekitaran perkotaan Anda dan mencoba mendapatkan brosur-brosur yang tersedia di sana, saya pastikan Anda akan dapat menemukan contoh-contoh gratis denah rumah minimalis lengkap dengan ukuran tanahnya. Namun berkeliling kota hanya bertujuan untuk mencari contoh rumah untuk sekarang ini rasanya kurang efektif. Selain memerlukan biaya, perlu energi yang cukup untuk melakukannya khususnya mengingat suasana perkotaan yang kini kian sesak, macet, plus banjir lokal.

Oleh karena itu, di sini saya ulas tiga model Standar Desain Rumah Minimalis berdasarkan letak lahannya.

1. Tipe Dangkal

Rumah Minimalis satu lantai tipe dangkal
Rumah mungil satu lantai
Model pertama di atas merupakan rumah minimalis satu lantai yang memiliki rancangan melebar (ukuran lebar tanah ke samping lebih besar daripada panjang tanah ke belakang), saya suka menyebutnya tipe dangkal. Jika kita memilih membeli rumi dengan lahan seperti ini, kita perlu pandai-pandai memilih dan menata interior serta furniture karena sebagian isi pedalaman rumah dangkal ini akan nampak dari luar karena posisinya yang searah dengan jalan. Untuk itu, tipe ini cocok untuk Anda yang rajin merapi interior.

2. Tipe Dalam

Gambar Rumah Minimalis tipe memanjang atau dalam
Rumah Minimalis memanjang/dalam 2 lantai
Model kedua memiliki lahan memanjang (ukuran panjang tanah kebelakang lebih besar daripada lebar tanah ke samping), saya lebih suka menyebutnya tipe dalam. Karena tipenya yang dalam ini, rumah model ini seakan memiliki bagian terpenting yaitu beranda depan sebagai wajah yang akan dinilai oleh setiap orang. Para developer yang kreatif biasanya memaksimalkan permak wajah/fasad rumah minimalis tipe dalam ini, sedangkan pedalamannya cocok untuk orang tipe solitair karena dengan mudah menutup diri di bagian belakang. 

3. Tipe Simetris

Desain Rumah Minimalis Lahan Simetris
Rumi simetris 2 lantai
Model ketiga adalah rumah minimalis yang memiliki ukuran lahan yang hampir sama antara panjang dan lebar tanah (bujur sangkar). Model seperti ini menciptakan kesan mewah karena tanah yang diperlukan sebagai lahan bangunan biasanya lebih besar daripada tipe dangkal dan tipe dalam. 


Demikian tiga model rumah minimalis berdasarkan lahan ini mengawali tulisan blog De RuMi ini. Semoga tulisan singkat ini bisa sedikit menambah pemahaman serta menjadi pertimbangan dalam dalam memilih rumah yang akan dapat menjadi hunian keluarga Anda.
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into