Home » , , , , » Tiga Desain Kamar Tidur Anak Minimalis

Tiga Desain Kamar Tidur Anak Minimalis

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Saturday, December 21, 2013 | 9:05 PM

Dalam mendesain rumah minimalis, dulunya kamar tidur anak sering dibuat paling kecil daripada ruangan lain. Namun di saat sekarang ini para orang tua mulai sadar bahwa kamar tidur anak adalah area tempat aktivitas paling banyak dibanding ruangan lain dalam rumi, mulai dari aktivitas anak sepulang sekolah hingga mengerjakan PR sebelum berhenti beranjak tidur. Oleh karena itu, konsep modern minimalis mendesain kamar tidur anak memfokuskan pada kenyamanan untuk menunjang aktivitas anak secara maksimal terutama belajar.

Usia Berapa Anak Dipisah di kamar Sendiri?

Pemisahan tidur anak berkaitan dengan privacy dan internalisasinya ke diri anak, memberikan ruang bermain dan belajar tersendiri bagi anak kita. Berapa usia anak harus sudah dipisah kamarnya tentu bervariasi tergantung pilihan orang tuanya sendiri. Namun, pemisahan ini biasanya didasarkan pada pertimbangan apakah anak sudah bisa mandiri dan apakah sudah nampak bahwa dia memerlukan privasi. Jangan sampai anak yang belum mandiri dipisahkan karena akibatnya bisa fatal, yaitu kecelakaan (anak jatuh dan sebagainya). Tanda-tanda tumbuhnya kesadaran anak akan privasi ini bisa dilihat ketika dia mulai merasa terganggu saat orang tua mencoba mengamati tindakannya. Dengan pertimbangan kemandirian ini, anak biasanya dipisah menjelang usia tujuh tahun.

Pada tulisan kali ini, mari kita ulas tiga contoh Desain Kamar Tidur Anak Minimalis dengan tema dan suasananya masing-masing.

1. Desain Modern Kamar Tidur Anak Minimalis Tema Pink

Kamar Tidur Anak pink
Kamar Tidur Anak dengan nuansa pink ceria
Pada umumnya kamar tidur anak memang didesain dengan warna-warna cerah dan segar dalam rangka menciptakan suasanya menyenangkan untuk belajar sekaligus bermain menyalurkan seluruh bakat dan minat anak. Contoh pertama Desain Kamar Tidur Anak di atas spesial untuk anak perempuan yang menyukai warna cerah pink yang bernuansa ceria dan feminin. Tentu saja warna pink dapat diubah sesuai dengan kesukaan anak. Desain rak/ambalan bukunya simple, menempel di dinding. Penggunaan layar LCD juga lebih efisien karena ketipisannya yang tidak makan tempat.

Penempatan tempat tidur sudah benar mengambil sisi lebar kamar sehingga menjadi lebih luas. Laci serbaguna di bawah tempat tidur juga merupakan teknik efisiensi tempat yang biasa diterapkan pada kamar tidur. Laci itu bisa dijadikan tempat simpanan barang-barang mainan koleksi, buku, atau bahkan baju sehingga meminimalisir ruangan tanpa perlu almari baju lagi.

Yang belum ada para rancangan di atas adalah laci keyboard pada meja komputernya. Jika dipaksakan untuk diletakkan pada meja, posisinya nampak kurang ergonomis (kurang rendah sesuai ukuran jangkauan anak).

2. Desain Modern Kamar Tidur Anak Minimalis Tema Biru

Kamar Tidur Anak Minimalis
Kamar Tidur Anak Minimalis
Setelah melihat desain kamar tidur anak untuk perempuan, maka desain selanjutnya adalah contoh Desain Kamar Tidur Anak Laki-laki yang minimalis juga. Perpaduan warna yang dipilih tentu saja yang tidak feminin yaitu antara warna biru dengan warna putih atau cream. Sebenarnya biru langit ini warna netral. Supaya lebih maskulin, bisa diganti warna biru tua.

Penempatan tempat tidur di tengah ruangan seperti gambar di atas biasanya dilakukan untuk kamar tidur yang berukuran besar. Untuk desain minimalis, sebaiknya memindahnya ke pinggir ke dinding lebih sesuai dengan desain minimal. Laci-laci yang berada di ujung tempat tidur menempel dinding cukup cantik, plus membentuk meja yang bisa dipakai untuk belajar di atas sana. Jika memang difungsikan demikian, maka perlu tambahan lampu belajar untuk menerangi membaca. Sayangnya, saya kurang setuju dengan laci-laci di ujung kaki, karena cukup mengganggu gerak dan rawan membuat kaki terbentur ketika tidur. Apabila memungkinkan, sebaiknya dimodifikasi sehingga permukaannya bisa sejajar dengan spring bed.

3. Desain Modern Kamar Tidur Anak Minimalis Tema Hijau

Desain Kamar Anak Minimalis Modern Hijau
Desain Kamar Anak Minimalis Modern Hijau
Kali ini pemilihan temanya adalah warna kombinasi hijau vertikal yang merupakan warna netral. Sebenarnya warna hijau inipun tidak juga khusus dipakai anak laki-laki, tetapi sifatnya netral, bisa untuk cowok maupun cewek. Biasanya, identitas kamar ini kamar anak cewek atau cowok dapat dibedakan dengan memberi aksesoris tambahan, misalnya yang wallpapernya Cherry Belle tentu ciri khas anak cewek, yang cowok suka wallpaper mobil, dan sebagainya.

Desain contoh ketiga ini cukup rapi. Lantai kayu selain menambah elegan dengan warnanya yang natural juga cocok difungsikan sebagai pelapis untuk daerah dingin. Melihat tambahan karpet hijau di atas lantai kayunya, nampaknya ini memang didesain untuk daerah berhawa dingin.

Tempat tidur mengambil letak memanjang mengikuti panjang kamar. Posisi tempat tidur yang tinggi diperuntukkan untuk anak dengan gaya tidur yang tenang. Anak dengan gaya tidur yang mobile tentu tidak cocok menggunakan desain tinggi karena bisa terjatuh keras saat tertidur. Namun, desain tinggi pada contoh ini sudah mengantisipasi hal itu, yaitu dengan spring bed tambahan. Selain bertujuan memperluas ruang seperti pada contoh pertama, penempatan laci di kolong ranjang itu adalah sebagai pengganti almari baju dan spring bed tambahan. Laci atas bisa tarik dipakai untuk mengeluarkan spring bed tambahannya, sehingga anak lebih aman saat tidur karena ada spring bed bertingkat. Laci di bagian bawah yang dibagi menjadi tiga selain dipakai untuk baju dan barang juga bisa dipakai sebagai tangga naik ke ranjang. Apabila dilihat dari ide spring ber tambahan dan kursi yang ada dua buah, kamar tidur anak ini nampaknya diperuntukkan untuk dua anak.

Tiga Tips Tata Letak Kamar Tidur Anak Minimalis Modern

  • Dalam sebuah kamar tidur, yang paling menentukan adalah penempatan tempat tidur/bed. Yang perlu diperhatikan, penempatan tempat tidur secara memanjang (sejajar dengan sisi yang lebih panjang dari suatu ruang) akan memakan banyak ruang. Supaya lebih efisien dan menciptakan kesan luas, pindahkanlah tempat tidur ke sisi lebar ruangan. 
  • Ketika anak sudah mulai paham konsep terutama privasi, maka mereka juga sudah mulai paham konsep keindahan dan kenyamanan. Oleh karena itu, ada baiknya orang tua juga mengajak anak untuk ikut dalam desain kamar tidur mereka untuk mengakomodasi keinginannya. Selain itu, keterlibatan anak dalam desain membuat mereka merasa memiliki dan menjadi berttanggung jawab atasnya.
  • Fungsi kamar tidur adalah sebagai ruang belajar sekaligus wahana penyaluran bakat minat. Sebagai orang tua, pastikan Anda mengetahui gaya belajarnya. Selanjutnya, desain meja belajar perlu menyesuaikan dengan gayanya. Anda tidak perlu memaksakannya untuk memberikan kursi dan meja belajar bila anak Anda lebih senang belajar di tempat tidur. Solusinya, sebaiknya Anda bisa membuat meja panel bukaan yang menyatu dengan dinding di ujung tempat tidur supaya anak bisa belajar dari sana.  Di samping itu, penyaluran bakat perlu diberi wadah yang seimbang di dalamnya. Anak akan bisa lebih berkonsentrasi melakukannya dalam ruang privasinya. Untuk itu, jangan sampai membuat kamar tidur seperti penjara belajar dengan hanya memenuhinya dengan alat belajar dan buku saja. Lakukan pendekatan dan komunikasi untuk mengetahui apa sebenarnya minat mereka. Apabila memungkinkan, sebaiknya fasilitasi semua itu karena bagaimanapun juga itu merupakan bagian dari masa depan mereka.
Sekian tips dan review +De RuMi. Walau di sini telah disajikan dasar-dasar pertimbangan dalam membuat Desain Kamar Tidur Anak Minimalis, tentu saja tidak ada salah benar dalam tata letak di atas. Anda dapat dengan bebas memilih sesuai selera Anda. Penerapan selanjutnya sangat tergantung pada situasi dan kondisi sebuah rumah minimalis. Selanjutnya, ada baiknya Anda membaca Desain Unik Pencahayaan dan Lampu Kamar Tidur Anak.
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into