Home » , , » Tiga Tips Desain Ruang Tamu Minimalis nan Indah

Tiga Tips Desain Ruang Tamu Minimalis nan Indah

Posted by Dewa Ayu Erniathi on Saturday, December 21, 2013 | 1:51 AM

Sebagai bagian dari sebuah rumah, ruang tamu merupakan ruang yang sangat vital terlebih karena di sanalah nanti tamu kita yang datang akan menilai kenyamanan dan keindahan pedalaman rumah kita. Oleh karena itu, sebagian besar di antara kita sangat menginginkan desain ruang tamunya benar-benar memberikan suasana yang nyaman bagi tamu yang hadir. Dengan demikian, suasana harmonis dapat terjalin baik dalam interaksi antara pemilik rumah dengan pengunjung yang datang.

Masalahnya, hal itu bukanlah hal yang mudah bagi para pemilik lahan kecil. Seringkali kita harus mengorbankan ukuran luas ruang tamu karena keterbatasan tersebut. Untuk itu, diperlukan desain maksimal untuk memperoleh keindahan sekaligus kenyamanan dalam ukuran yang mungil.

Ukuran Luas Itu Relatif

Pertama yang perlu ketahui adalah bahwa ukuran itu relatif. Rumah yang luas belum tentu nyaman. Anda mungkin sudah pernah mendengar dari keluhan teman-teman Anda yang pernah berkunjung ke suatu rumah megah nan luas namun tidak memiliki ruang tamu yang nyaman sehingga untuk duduk melepas penat sejenak saja terasa canggung. Bisa jadi itu akibat konsep desain ruang tamu yang keliru.

Selanjutnya kita harus yakini adalah bahwa keterbatasan (mungil) pun bisa indah. Bahkan Leonardo DaVinci mengatakan, simplicity is the ultimate sophistication (kesederhanaan adalah puncak dari segala kecanggihan). Sejalan dengan adagium bijak tersebut, kini banyak di antara kita yang menyukai desain minimalis untuk rumah beserta bagian ruang-ruangnya, termasuk ruang tamu.

Dalam desain minimalis, kecanggihan dalam kesederhanaan itu biasanya dipersyaratkan oleh dua sifat, yaitu elegan dan dinamis. Elegan artinya selalu menarik dan luwes jika dipandang alias tidak mengundang kecanggungan pengunjung dalam hal kepantasan dan keindahan, sedangkan dinamis berarti dapat menerima dan menyesuaikan terhadap setiap tamu yang datang dalam hal kenyamanan. Berikut ini beberapa contoh konsep desain ruang tamu yang ada di rumah minimalis (rumi):

1. Ruang Tamu Rumi Simetris Tema Putih Coklat

Model ruang tamu rumi simetris
Ruang Tamu rumah model simetris
Contoh pertama ini nampaknya berada pada Rumi Tipe Simetris. Perpaduan warna putih dan coklat gelap yang juga disebut warna natural seringkali menjadi pilihan untuk ruang tamu. Khususnya untuk ruangan yang memiliki sumber cahaya terbatas (tak ada jendela sebagai jalan masuk sinar matahari), kombinasi cat tembok warna putih dan furnitur coklat yang cukup apik seperti pada contoh pertama di atas menjadi pilihan untuk menciptakan kesan tegas dan lapang, serta membangun suasana yang kalem dan tenang.

2. Rung Tamu Rumi Dalam Meminimalisir Furniture

Desain Ruang Tamu rumi memanjang/dalam
Desain Ruang Tamu rumi tipe dalam/memanjang
Pada contoh kedua di atas, kesan luas dalam ruang tamu yang terbatas pada Rumi Tipe Dalam bisa dibangun dengan meminimalisir penggunaan aksesoris ruangan semacam pot bunga (pada gambar di atas hanya dua buah, satu di atas meja tamu dan satu diletakkan di koridor masuk ke ruang lebih dalam), lemari pajang/buku, dan hiasan dinding yang berlebihan. Masih dengan perpaduan warna netral putih dan coklat pada seluruh ruangan, ruang tamu di atas memanfaatkan hiasan bingkai kotak tegak persegi panjang seperti pilar ke atas juga untuk memanipulasi ruangan agar terkesan tinggi sehingga terasa lega.
Di samping itu, penggunaan pot untuk tanaman hijau asli (bukan tiruan plastik) cukup untuk menciptakan kesan hidup dan segar mengimbangi kesan kalem warna coklat. Syaratnya tentu saja harus pintar memilih Tanaman Apa yang Cocok untuk Indoor.

3. Ruang Tamu Rumi Tipe Dangkal Tema Hijau

Contoh Ruang Tamu Berwarna
Contoh Ruang Tamu rumi dangkal
Tema hijau seperti pada contoh terakhir dimaksudkan untuk memperoleh nuansa yang segar dalam Rumi Model Dangkal. Warna hijau pada tembok di atas sebenarnya merupakan titik fokus ruangan, tempat memendar cahaya warna-warna yang lebih mencolok. Namun menurut saya, kombinasi warna hijau pada tembok kurang sesuai dengan warna kalem kulit sofa serta yang lebih terang yaitu lantai kayunya. Kekurangharmonisan ini bisa diatasi dengan menata dan mengecat ulang dengan kombinasi yang lebih serasi, mungkin tambahan warna oranye pada salah satu elemen akan menjadikannya lebih harmonis.

Demikianlah tips desain ruang tamu minimalis namun indah yang Anda dapat terapkan ke dalam rancangan desain rumi baru yang Anda akan bangun atau renovasi. Anda bebas memilih sesuai konsep yang Anda pilih untuk pembangunan rumah baru atau renovasi ruang tamu Anda.
Silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
0 Comments
0 Comments
Comments

Leave your comment

Post a Comment

Translate This Page into